7 Fakta Menarik Tentang Pohon, Temukan Alasan Menanam Setelahnya!

Publish by -1.495 kali dilihat
Penulis: Redaksi
pepohonan di hutan kota Polewali Sulawesi Barat, foto: dokumen P3E Suma KLHK

Klikhijau.com – Fakta menarik tentang pohon memang tak pernah habis dituliskan. Untuk sekadar dimengerti, pohon itu punya bahasa jiwa yang juga membutuhkan  kasih sayang.

Sebuah artikel berjudul “Mengesankan, Ternyata Tumbuhan Bisa Tahu Siapa yang Memakannya” semakin meyakinkan Anda akan persepsi ini.

Lebih dari itu, pohon memang tak pernah habis dituliskan. Banyak keajaiban dan keunikan di baliknya yang menginspirasi. Berikut ini 7 fakta menarik tentang pohon yang memungkinan Anda semakin mencintainya dan terus punya alasan menanam dan melestarikannya.

Semua agama bicara soal pohon

Metafora tentang pohon dapat Anda jumpai di kitab-kitab suci semua agama. Ini menunjukkan bahwa semua keyakinan teologis menempatkan pohon sebagai simbol dan sumber kehidupan manusia. Pohon mewakili cinta, kedamaian dan harapan manusia, maka merusak pohon melambangkan tentang kebencian dan pengrusakan.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Akasia, Pohon Kenangan yang Kembali Diidamkan

Spesies yang kaya raya melambangkan keberagaman

Jumlah spesies pohon di bumi sangat banyak bahkan mencapai angka 60 ribu spesies. Fakta ini menggambarkan betapa keanekaragaman pohon dan tumbuhan itu adalah berkah yang harus dijaga.

Makna filosofis di baliknya tentu jauh lebih kuat yakni kehidupan yang memang diciptakan oleh-Nya dalam sebuah dinamika yang kompleks dan beragam. Di dalamnya, harmonisasi kehidupan menjadi sangat penting ketimbang saling membunuh dan mengebiri.

Faktanya, 58 persen dari spesies pohon itu ternyata endemik atau hanya terdapat di suatu negara dan tidak ada di negara lain.

Kuatnya makna di balik simbol pohon beringin

Negara dengan simbol pohon beringin adalah Indonesia. Kita mungkin tak pernah berbangga akan hal ini bila belum sepenuhnya paham tentang keajaiban pohon beringin. Pohon beringin menjadi lambang Pancasila, akar-akarnya yang menjuntai adalah simbol pulau-pulaunya yang banyak.

Tahukah Anda bahwa saat tumbuh dan berkembang, sepohon beringin akan menjuntaikan akarnya ke bawah. Juntaian itu selanjutnya akan menebal dan menjadi kayu. Pohon beringin raksasa sangat kuat, juntaiannya dapat mencekik dan membunuh pohon raksasa. Beringin dapat tumbuh dalam ukuran besar dan kolosal.

Ahli biologi bernama Alfred Russel Wallace yang dikenal sebagai penjelajah pulau-pulau pernah bersaksi bahwa dalam delapan tahun perjalanannya di Semananjung melayu, ia menemukan bahwa beringin adalah pohon-pohon paling luar biasa di hutan.

Pola hidup beringin dalam mempertahankan hidup bahkan menginspirasi Wallace dalam mengembangkan teori evolusi oleh seleksi alam.

Semoga ini bermakna kuat bagi kejayaan Indonesia yang memakai pohon beringin sebagai lambang Pancasila.

Sejumlah nama kota di Indonesia terinspirasi pohon

Kota-kota di Indonesia tak sedikit yang identik dengan nama pohon. Boleh jadi, nama itu disematkan secara sengaja agar semangat dan filosofi pohon menyertainya. Beberapa diantaranya yaitu kota Semarang yang berasal dari penamaan untuk pohon asem yang ditanam jarang-jarang.

Kota Jakarta yang dulunya Sunda Kelapa (Cocos nucifera), Cempaka Putih (Michelia alba), Bogor yang konon identik dengan pohon kenari, Kelapa Gading (Cocos Capitata), Kapuk (Ceiba petandra), Kebayoran (Bayur= Pterospermum javanicum) dan masih banyak lagi.

KLIK INI:  Bunga Pukul Empat Tebar Manfaat, dari Kanker hingga Usir Jerawat

Pohon dapat menghilangkan stres dan kegalauan

Untuk diketahui bahwa selain menghasilkan oksigen, pohon juga memproduksi senyawa penting bernama phytoncide. Senyawa ini ternyata bermanfaat bagi manusia yakni dapat menurunkan tekanan darah, hingga dapat meningkatkan  produksi sel pencegah kanker. Itulah sebabnya, berada di sekitar pepohonan rindang selalu membuat perasaan lebih tenang. Bila Anda galau dan stress cobalah mendekap di antara pepohonan yang meranggas!

Pohon sebagai peneduh kehidupan

Semua struktur yang ada pada pohon melambangkan suatu rangkaian bahwa pohon adalah pembentuk ruang. Akar dan tanah = lantai, batang = tiang, ranting dan daun = atap, ini melambangkan betapa pohon meciptakan keteduhan agar manusia dapat melakukan aktivitas di bawahnya.

Pohon dengan manfaat ajaibnya yang sulit diadopsi

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa satu hektar Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan pohon-pohon besar di dalamnya dapat menghasilkan 0,6 ton O2. Jumlah ini dapat menyuplai 1500 penduduk setiap harinya, menyerap 2,5 ton CO2/tahun (6 kg CO2/batang/tahun), menyimpan 900 m3 air tanah/tahun, meredam kebisingan 24-80 persen. Juga mengurangi kekuatan angin 75-80 persen serta menurunkan suhu antara 5-8 derajat Celcius.

Untuk diketahui bahwa setiap mobil yang mengeluarkan gas emisi dapat diserap oleh 4 pohon dewasa (tinggi 10 meter ke atas dengan diameter batang lebih dari 10 sentimeter).

Itulah fakta menarik tentang pohon yang menginspirasi. Betapa kita harus bisa mengerti bahasa pohon, sebab pada kehidupannya ada kehidupan kita.

Sebagaimana pepatah Cina menyebut: “Jika engkau berpikir untuk menanam satu tahun ke depan, semailah sebiji benih. Jika engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon!”

KLIK INI:  Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Berbagai sumber

KLIK Pilihan!