Amankah Bagi Wanita Hamil Minum Kopi?

oleh -70 kali dilihat
Amankah Bagi Wanita Hamil Minum Kopi?
Ilustrasi/foto-id.theasianparent
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Tak bisa dipungkiri banyak orang membuat pantangan bagi wanita hamil. Termasuk soal makan dan minum. Semua itu dilakukan demi kebaikan ibu dan janinnya.

Salah satu yang acap dijadikan pantangan adalah tidak mengonsumsi kopi atau kafein selama masa kehamilan.

Namun, apakah benar kopi atau minuman yang mengandung kafein tidak baik untuk wanita yang sedang hamil.

KLIK INI:  Amankah Minum Kopi di Malam Hari? Ini Jawabannya

Jika merujuk pada pendapat Dr. Felice Gersh, ahli kandungan dan ginekolog, bahwa kopi memang dihindari selama kehamilan. Meskipun, jika porsi kecil tidak berdampak pada bayi yang belum lahir.

Sementara itu republika.co.id memuat bahwa batasan konsumsi maksimal yang aman bagi ibu hamil adalah 200 miligram kafein per hari. Kafein sebanyak 200 miligram setara dengan sekitar 12 ons kopi.

Wanita yang sedang hamil juga disarankan untuk tidak meminum kopi dalam keadaan perut kosong.

Sedangkan menurut Dr Isis Amer-Wahlin, konsultan kebidanan dan ginekologi di Bonzun, kafein dalam jumlah sedang, masih aman dikonsumsi selama kehamilan.

KLIK INI:  Dihantui Kanker Esofagus Karena Sering Seruput Kopi Panas, Klik Penjelasan Ini!
Ada batasan

“Jika memang pecinta kopi dalam kehidupan sehari-hari, maka hanya perlu menguranginya selama masa kehamilan,” katanya.

Dr. Isis juga mengingatkan bahwa bukan hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi kafein juga ada pada teh, coklat, dan obat-obatan tertentu. Karenaya sebaiknya wanita hamil mengurangi mengnsumsinya

Sebuah penelitian dari The New Journal of Medicine menemukan fakta, bahwa keguguran bisa terjadi karena terlalu banyak minum kopi. Ini ditemukan pada 562 wanita hamil yang menjadi partisipan survei. Kandungan kafein di dalam kopi juga diduga sebagai penyebab keguguran.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang sedang hamil punya risiko keguguran lebih tinggi ketika minum lebih dari 8 cangkir kopi tiap harinya. Ini berlaku untuk kopi yang biasa dibeli di pasar swalayan atau di kafe-kafe pada umumnya.

KLIK INI:  Anda Peminum Berat Kopi? Klik dan Ketahui Risikonya

Pada penelitian lain yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 200 mg atau lebih kafein setiap hari dua kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kafein apa pun.

Jika merujuk pada beberapa pandangan di atas, Wanita hamil bisa minum kopi dan kafein. Namun harus dibatasi, maksimall 200 miligram perhari.

Karena jika lebih berpotensi membahayakan janin di dalam kandungan. Kopi dan kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung wanita hamil. Tentu hal itu bisa berakibat buruk.

KLIK INI:  Mau Turunkan Berat Badan, Cobalah Minum Kopi di Pagi Hari!