Amankah Minum Kopi di Malam Hari? Ini Jawabannya

oleh -837 kali dilihat
Amankah Minum Kopi di Malam Hari? Ini Jawabannya
Ilustasi minum kopi/foto-Hello Sehat
Irhyl R Makkatutu

[hijau]Dalam segelas kopi, kenangan akan menari manja[/hijau]

Klikhijau.com – Bagi penikmat kopi begadang tanpa kopi rasanya sungguh hambar. Ajakan ngopi pada malam hari pun lebih sering. Pun warung kopi akan lebih sesak pula di malam hari.

Namun, benarkah kopi cocok diminum pada malam hari? Menurut cnnindonesia.com, kopi yang diminum di malam hari akan menyetel ulang jam internal tubuh. Jam tersebut bertugas mengatur berbagai fungsi biologis dan gen menurut siklus harian pada malam atau siang hari.

Masih menurut cnnindonesia.com, bukti penelitian menunjukkan efek kafein lebih dari sekadar membuat seseorang sulit untuk tidur. Para ilmuwan melaporkan, minum kopi dengan kandungan setara double espresso. Khususnya tiga jam sebelum tidur, dapat mengubah jam tubuh kembali ke satu jam lebih awal.

KLIK INI:  Anda Peminum Berat Kopi? Klik dan Ketahui Risikonya

Dua tim yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat melakukan penelitian terhadap sejumlah relawan dan mengamati apa yang terjadi pada sel-sel individu yang terkena kafein.

Pemimpin penelitian, John O’Neill dari Laboratorium Penelitian Medis Biologi Molekuler di London mengatakan, efek kafein pada tidur membuat seseorang terjaga sudah lama diketahui, tapi dampak mendasar pada jam tubuh tidak diketahui.

“Temuan ini memiliki implikasi penting bagi orang-orang dengan gangguan tidur sirkadian, di mana jam tubuh 24 jam mereka yang normal tidak bekerja dengan benar, atau bahkan membantu orang-orang yang mengalami jet lag.”

“Temuan kami juga memberikan penjelasan lengkap mengapa sebagian orang sulit untuk tidur jika mereka meminum kopi di malam hari, yakni karena jam internal mereka berpikir bahwa mereka satu jam lebih cepat.”

Pertengahan pagi

Gangguan jam internal tubuh, misalnya yang terjadi pada pekerja dengan pergantian shift juga orang yang mengalami jet lag, dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, penyakit jantung, diabetes tipe dua, dan gangguan neurodegeneratif, contohnya alzheimer.

KLIK INI:  Begini Dampak Kafein Kopi Terhadap Tubuh, Harap Jangan Kaget!

Lalu pada waktu manakah ideal meminum kopi? Menurut tulisan Elise Dwi Ratnasari di cnnindonesia.com 2017 lalu bahka ahli gizi yang berbasis di Sydney, Australia, Lyndi Cohen mengatakan suatu kebiasaan buruk ketika bangun tidur dan langsung meraih secangkir kopi. Ia menyarankan untuk menahan diri sebentar.

“Saat angun tidur, kadang kortisol anda sedang memuncak,” kata Lyndi.

Ia menambahkan kafein memengaruhi produksi kortisol tubuh. Jika minum kopi adalah hal pertama yang anda lakukan saat pagi, tubuh memproduksi kortisol lebih sedikit dan jadi bergantung dengan kafein untuk mendorong anda jadi berenergi.

KLIK INI:  Kenapa Banyak Orang Minum Kopi di Pagi Hari? Ternyata Begini Sejarahnya

Lyndi menyaranka waktu yang lebih baik untuk menikmati kopi pada pertengahan pagi, yakni antara pukul 10.00 dan 12.00. Pada waktu ini, hormon kortisol menurun.

Sedangkan menurut tulisan Putriana Cahya di idntimes.com Maret lalu, dengan mengutip pernyataan Lyndi Cohen yang menyarankan agar sesi minum kopinya berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pukul 14.00. Jika ingin tetap mengkonsumsi kafein, maka kamu bisa mengganti kopi dengan teh.

Efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan agar berhenti mengkonsumsi kopi di sore hari agar tak mengganggu kualitas tidur.

“Tiap orang punya toleransi berbeda terhadap kafein, tapi saya merekomendasikan pukul 14.00 adalah waktu terakhir untuk minum kopi,” tutur Lyndi.

Jadi, sebaiknya harus dihindari minum kopi di malam hari.

KLIK INI:  Entah Manis atau Tanpa Pemanis, Kopi Dapat Jadi Penyelamat Hidup?