6 Tanaman Hias dengan Harga Termahal Sejagad, Janda Bolong Nomor Berapa?

oleh -7,782 kali dilihat
6 Tanaman Hias dengan Harga Termahal, Janda Bolong Nomor Berapa?
Philodendron minima - Foto/Thespruce

Klikhijau.com – Tanaman hias saat ini memang sedang heboh dan diminati banyak orang, harga termahal bahkan bisa mencapai Miliaran rupiah.  Ini satu bukti betapa tanaman hias bisa jadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Janda bolong alias Janbol yang sedang viral, harganya bahkan sudah mencapai di atas seratusan juta. Tren ini membuat banyak orang bertanya-tanya, mengapa tanaman hias begitu mahal?

Sebelumnya, Anda bisa mengecek penyebab naiknya harga janda bolong di SINI! Namun, secara umum, harga tanaman hias semakin mahal disebabkan oleh faktor kelangkaan, keindahan, perkembangbiakan, kerumitan dalam perbanyakan dan banyak faktor lainyya.

Penasaran, apa saja tanaman hias yang sedang dihargai selangit?  Sienna Heath dari Thespruce.com, mengindentifikasi 6 tanaman hias termahal di jagad ini, sebagai berikut:

KLIK INI:  Perihal Tanaman Hias Impatiens Hawkeri yang Tumbuh Miris dalam Pot

Pohon Ara Daun Fiddle Dewasa

Tanaman mahal
Pohon Ara Daun Fiddle Dewasa – Foto/Thespruce

Tanaman hias Pohon Ara (Fiddle) mampu tumbuh hampir 50 kaki di hutan hujan tropis, ara daun biola (ficus lyrata) tumbuh hingga 10 kaki dalam kondisi dalam ruangan yang tepat.

Tanaman ini banyak ditanam sebagai desainer interior, dan telah menjadi satu tanaman mahal dalam dekade terakhir. Permintaan yang tinggi telah mendorong harga naik.

Tanaman ini sangat sensitif terhadap kualitas udara. Ia tidak menyukai udara kering atau angin. Daun Fiddle memberi kesan mewah bila ditempatkan di ruang tamu. Kini, pohon ara dibanderol dengan harga ($ 80 sampai $ 300) atau sekitar Rp 1.2 juta hingga Rp 5 juta.

KLIK INI:  Mahkota Duri, Tanaman Hias yang Cukup Tangguh Dipanggang Kemarau

Jenis Monstera alias Janda bolong

Cara Simpel Menanam Monstera dengan Sistem Hidroponik
Monstera dengan sistem hidroponik – Foto/Pinterest

Monstera beraneka ragam atau ‘tanaman keju Swiss’, seperti Monstera  deliciosa kini dijual hingga $ 5.000. Sedangkan, Monstera adansonii langka telah dijual seharga $ 700, dan untuk jenis Monstera  aurea dijual seharga $ 3.726 di situs lelang terkenal Trade Me. Atau setara dengan Rp 10 juta hingga 50 juta bahkan bisa mencapai ratusan juta.

Aneka jenis Monstera merupakan salah satu tanaman paling populer di tahun 2020. Namun, tingkat perbanyakan tanaman yang lambat membuatnya sangat langka.

Di Indonesia, harga Monstera termahal bisa mencapai 100 hingga 150 juta rupiah, tergantung jenis dan jumlah daunnya. Pembeli Monstera umumnya adalah kolektor tanaman hias yang memang telanjur jatuh cinta dengan otentitas tanaman ini.

Bila penasaran, kelebihan Monstera dapat dilihat di SINI!

KLIK INI:  Pengalaman Kecil Menanam Kaktus dengan Media Tanam Batok Kelapa

Hoya carnosa ‘compacta’

hoya
Hoya carnosa ‘compacta’ – Foto/thespruce

Tanaman lain dengan variegasinya yang unik, Hoya carnosa compacta ‘Hindu Rope’ menjadi tanaman hias termahal yang pernah dijual di Trade Me pada Juni 2020. Tanaman ini terjual $ 40 hingga $ 6500 atau bisa mencapai Rp 90 bahkan Rp 100 juta.

Tanaman mapan ini memiliki warna kuning krem ​​/ kuning di bagian dalam daun.

Philodendron Minima

philo tanaman
Philodendron minima – Foto/Thespruce

Nama umum untuk Rhaphidophora Tetrasperma tropis adalah Philodendron Minima. Ia juga dikenal sebagai ‘Mini Monstera’ atau ‘Piccolo.’

Selama pandemi, spesimen beraneka ragam yang sangat langka dari tanaman ini dijual pada Agustus 2020 seharga $ 8.150 di situs perdagangan terbesar negara itu, Trade Me. Atau setara dengan Rp 120 juta bahkan lebih.

Apa yang membuat penjualan ini semakin mengejutkan? Diantaranya adalah bahwa minima kecil hanya memiliki empat daun.

KLIK INI:  Bunga Cleome, Tanaman Hias yang Bisa Menumbuhkan Dirinya Sendiri

Dijual sederhana dalam pot plastik hitam enam inci, intrik muncul sebagai hasil dari deskripsi, yang memamerkan tanaman sebagai “sangat langka” dan “dengan warna kuning yang menakjubkan di setiap daun.”

Harga P. lynamii dan P. joepii juga meningkat. Sementara P. minima yang khas dijual seharga $ 20 hingga $ 50, varietas beraneka ragam jauh lebih mahal. Penggemar tanaman hias mencari variasi dalam bintik, coretan, dan balok.

Anggrek Nongke Shenzhen

anggrek
Anggrek Nongke Shenzhen – Foto/Thespruce

Anggrek Nongke Shenzhen sepenuhnya buatan manusia. Selama delapan tahun, para ilmuwan bekerja keras untuk membudidayakan bunga ini.

Para pecinta tanaman sekarang memiliki tingkat kesabaran yang sama saat menanam anggrek ini , karena bisa memakan waktu antara empat hingga lima tahun untuk mekar.

Tanaman anggrek Nongke saat ini dapat dijual dengan berharga dilelang hingga $ 200.000. Atau setara dengan Rp 2,9 Miliar.

Old Pine Bonsaii

Tanaman bonsai
Old Pine Bonsaii yang harganya mencapai puluhan Miliar rupiah – Foto/Thespruce

Pohon bonsai menarik perhatian pecinta tanaman yang mencari spesimen dalam ruangan yang unik. Bonsai termahal adalah Pinus Putih berusia berabad-abad, yang dijual seharga 100.000.000 yen (sekitar $ 1,3 juta) di Konvensi & Pameran Bonsai dan Suiseki Asia Pasifik ke-11 di Takamatsu, Kagawa, Jepang.

Sedangkan jenis Old Pine Bonsaii diharga ($ 50 hingga $ 1,3 juta) atau setara dengan Rp 19 Miliar. Fantastis bukan?

Itulah 6 tanaman hias dengan harga mahal saat ini, apakah ada tanaman idaman Anda?

KLIK INI:  Lakukan Ini agar Alokasia  Polly di Rumah Anda Tumbuh Subur Memukau