Perihal Teh Daun Jambu Biji, Manfaat dan Cara Membuatnya

oleh -49 kali dilihat
Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji
Daun jambu biji/foto-Idris Makkatutu

Klikhijau.com – Daun jambu biji pernah sangat berjaya sebagai pengusir diare. Itu jauh sebelum obat medis datang dan dijual bebas di kaki lima.

Pada masa itu, khususnya di kampung-kampung. Obat diare banyak ditopang oleh daun jambu biji. Biasanya yang digunakan adalah pucuknya. Dimakan langsung saja tanpa diproses lebih lanjut.

Orang yang mengalami diare lalu mengonsumsinya, terkadang hanya menambahkan sedikit garam saja.

Rasa pucuk daun jambu biji jika dikunyah terasa pahit, tetapi terbukti ampuh melerai diare yang jika datang akan sangat meresahkan. Karena si penderita tak bisa berjarak jauh dengan toilet.

KLIK INI:  Mengenal Bangle, Tanaman Obat Kerabat Jahe yang Kaya Manfaat

Penggunaan daun jambu biji sebagai obat kebanyakan masih dilakukan secara oleh masyarakat. Padahal potensi manfaat bagi kesehatan daun tanaman dari famili Myrtaceae berjibaku banyaknya.

Tanaman istimewa

Tanaman jambu biji (Psidium guajava) memang termasuk tanaman yang istimewa,  buahnya mengandung zat  gizi  yang  tinggi, semisal  vitamin  C, zat besi, dan potassium.

Tak hanya itu, tanaman dari ordo Myrtales ini juga kaya zat non gizi, seperti komponen   serat   pangan karotenoid, dan polifenol  (Prahasta,  2010).

Cahyono, (2010) menyatakan bahwa buah dari tanaman ini bebas  dari  asam lemak  jenuh  dan  sodium,  rendah  lemak  dan  energi,  tetapi  tinggi  akan  serat pangan.

KLIK INI:  Sering Diabaikan, Berikut Sederet Manfaat Tapak Kuda yang Jarang Terungkap

Daunnya mengandung  tanin,  minyak  asiri (eugenol), dan   minyak   lemak.  Karenanya, dengan   adanya senyawa-senyawa yang dikandungnya itu, sehingga tanaman ini banyak dimanfaatkan  sebagai obat tradisional.

Jika selama ini mengonsumsi daunnya hanya dilakukan dengan cara biasa saja, yakni petik lalu kunyah. Saat ini pengetahuan telah berkembang, sehingga daun jambu biji pun bisa disulap menjadi teh.

Manfaat teh daun jambu biji

Mungkin anggapan kita teh hanya bisa diproduksi dari daun tanaman teh (Camellia sinensis), sesungguhnya itu tidak sepenuhnya salah.

Hanya saja perkembangan pengetahuan mengajak manusia untuk lebh kreatif dan inovatif, termasuk dalam hal minuman, khususnya teh.

Karena itu mulailah bermunculan beragam teh dari tanaman yang bukan dari tanaman teh, salah satunya adalah teh daun jambu biji.

Daun jambu biji memiliki kandungan yang cukup banyak, di antaranya  tanin, minyak astiri, flavonoid, karoten, vitamin B1,B2,B3,B6 dan vitamin C.

KLIK INI:  Tanaman Tanduk Rusa, Solusi bagi Haid yang Tidak Teratur

Sebenarnya, penggunaan daun tanaman dari genus Psidium ini telah digunakan selama berabad-abad digunakan sebagai bahan baku the di Mexico dan Amerika Serikat.

Teh dari daun jambu biji memiliki aroma wangi, mengandung tanin, dan kaya zat antidiare.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada 2008 dengan judul Revisat Do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo menyebutkan, daun tanaman jambu biji sangat efektif membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada diare.

Kandungannya berupa beberapa mineral diketahui juga berada di dalam daun jambu biji. Kandungan itu ampuh menangkal berbagai penyakit degeneratif serta menjaga kesehatan tubuh.

Berdasarkan hasil uji klinis, pemberian ekstrak kering daun jambu biji selama lima hari dapat mempercepat pencapaian jumlah trombosit lebih dari 100.000/liter.

KLIK INI:  Rosemary, Tanaman Herbal Aromaterapi dengan 8 Manfaat Mengejutkan!

Sementara itu, dalam artikel yang berjudul The 150 Healthiest Foods on Earth karya Jonny Bowden mengungkapkan, jika teh daun jambu biji dapat mengobati luka pada dinding mulut, sakit tenggorokan, dan radang. Minuman kesehatan ini juga dapat digunakan sebagai cairan kumur.

Ekstra daun dari tananam ini berdasarkan  penelitian yang dilakukan di Brazil, yakni dapat berguna untuk mengobati denyut jantung yang tidak stabil (aritmia) pada babi. Ekstraknya diketahui juga bermanfaat meningkatkan fungsi miokardial.

Manfaat lain dari teh daun jambu bagi kesehatan adalah mengobati diare dan  mengontrol gula darah.  Manfaat lainnya juga adalah dapat menurunkan berat badan dan juga sebagai antioksidan.

Teh daun jambu biji juga kaya akan kandungan vitamin C, zat besi yang dapat menyembuhkan flu, mengurangi jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit wajah.

KLIK INI:  Mengesankan, 6 Tanaman Herbal Ini Mengandung Antivirus yang Kuat

Selain itu, kandungannya juga terdapat polifenol, salah satu jenis antioksidan. Antioksidan sangat ampuh dalam melindungi tubuh dari radikal bebas, yang jadi penyebab penyakit kanker, jantung, dan lainnya.

Dilansir NDTV Food, antioksidan likopen di dalam teh daun jambu bisa mengurangi risiko penyakit kanker, terutama kanker payudara, prostat, memperlancar peredaran darah, dan mulut.

  Cara pembuatannya

Cara pembuatan teh daun jambu bisa adalah direbus. Dilansir The Spruce Eats, orang meminum teh ini karena  kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi.

Cara olah teh daun jambu

Cara membuat teh ini cukup mudah, seperti dilansir Healthline yakni:

Cuci 5 hingga 10 daun jambu segar dengan air mengalir hingga kotorannya hilang. Setelah itu rebus 475 ml air, kemudian masukkan daun yang sudah dicuci tadi.

Kurangi besaran api, lalu didihkan perlahan dengan api kecil selama 10 hingga 12 menit. Angkat rebusan dari kompor, lalu saring ke dalam gelas. Buang daunnya dan teh daun jambu pun siap dikonsumsi.

Jika ingin meminumnya, sahabat hijau dapat  meminumnya dalam kondisi dingin maupun panas. Rasanya agak pahit, namun kamu bisa mencapurnya dengan madu, peppermint, buah-buahan kering, dan bahan lainnya agar rasa pahit alaminya berkurang.

Oya, sebagai minuman yang kaya manfaat, bahan baku tanaman yang berasal dari  Brazil ini cukup melimpah, sebab  hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat tanaman jambu biji.

KLIK INI:  Daun Kenikir, Lalapan yang Kaya Manfaat dan Mudah Tumbuh