Libur Lebaran, Saatnya Liburan Ramah Lingkungan, Begini Caranya!

oleh -270 kali dilihat
Ilustrasi berangkat liburan/foto-Haloponsel.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Kamu tahu, jika Hari Raya Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se Dunia? Namun, sorotan di Indonesia tentu lebih memanah Ke Hari Raya Idul Fitri daripada Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 kemarin.

Selain bersilaturahmi dengan kerabat, lebaran juga kerap diisi dengan mengunjungi tempat wisata guna melepas penat. Apalagi bagi orang yang bergelut di dunia kerja, libur lebaran kerap dimanfaatkan pula untuk berwisata.

Namun, mengunjungi tempat wisata saat lbur lebaran bisa jad momen untuk menciptakan liburan yang ramah lingkungan. Bagaimana caranya, ini tipsnya!

KLIK INI:  10 Hijab Ramah Lingkungan yang Perlu Diketahui Para Hijabers

Perilaku menyayangi bumi bisa dirayakan setiap hari dengan sikap-sikap sederhana. Travel influencer Kadek Arini, misalnya, mengajak para traveler untuk melakoni aktivitas wisata dengan menggalakkan liburan ramah lingkungan guna memperingati Hari Raya Idul Fitri dan Har Lingkungan Hidup Se Dunia.

Liburan ramah lingkungan penting dilakukan untuk menjaga supaya alam tetap asri. “Pertama, tidak membuang sampah di mana pun. Ini yang paling penting,” tutur Kadek beberapa waktu lalu

Bila sulit menjumpai tong sampah di tempat-tempat wisata, Kadek menyarankan wisatawan mengantongi lebih dulu sampah tersebut sampai mereka menemukan tempat sampah. Sama halnya ketika pendaki sedang berada di gunung. Mereka bakal membawa kembali sampah-sampah logistik ketika turun.

Adapun langkah kedua, Kadek menyarankan wisatawan membawa tumblr atau botol minum pribadi saat liburan. Menurut alumnus Universitas Gadjah Mada itu, membawa botol pribadi selama melancong dapat mengurangi penggunaan plastik botol air mineral.

KLIK INI:  6 Hotel Paling Ramah Lingkungan di Asia, Satunya Bisa Anda Jumpai di Indonesia

Pelancong bisa mengisi botol air tersebut di hotel tempatnya menginap. Sedangkan bila melancong di luar negeri, mereka bisa mengisi botol minum di shalter-shalter pengisian air mineral yang terdapat di sepanjang jalur pedestrian.

Tak cuma mengurangi penumpukan sampah botol plastik air mineral, membawa tumblr bisa menghemat pengeluaran wisatawan. Bujet membeli air mineral pun bisa dialihkan untuk belanja item lainnya.

“Lalu yang ketiga, kalau bisa kita sebagai wisatawan manfaatkan transportasi umum,” tutur Kadek. Dengan menunggang transportasi umum, wisatawan akan mendukung gerakan mengurangi polusi dan emisi gas uang yang timbul akibat lalu-lalang kendaraan bermotor.

Nah itulah cara sederhanan berwisata ramah lingkungan saat libur lebaran. Selama menerapkan!

KLIK INI:  Agar Ramah Lingkungan Saat Berbelanja, Baca Tips Ini!