Daun Kenikir, Lalapan yang Kaya Manfaat dan Mudah Tumbuh

oleh -17 kali dilihat
Daun Kenikir, Lalapan yang Kaya Manfaat dan Mudah Tumbuh
Daun kenikir yang baru saja dipanen siap jadi lalapan - Foto: Ist

Klikhijau.com – Daun kenikir (Cosmos caudatus) merupakan dedaun hijau yang kerap dijadikan lalapan atau dibikin sayur. Tanaman yang tumbuh liar di daerah tropis ini juga ditanam sebagai tanaman hias karena dapat mengeluarkan bunga indah berwarna kuning dan pink.

Tidak sekadar menambah gairah makan, lalapan satu ini ternyata kaya manfaat bagi kesehatan.

Hal itu karena daun kenikir mengandung pelbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh antara lain karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C dan lainnya.

Dedaun hijau yang sangat gampang tumbuh ini juga amat kaya akan kandungan mineral, antara lain kalium, fosfor, beta karoten, kalsium, magnesium, seng, zat besih, tembaga, dan natrium.

Bukan itu saja Sahabat Hijau, kenikir yang kaya manfaat ini juga mengandung senyawa aktif seperti quercetin, asam fenolat, asam klorogenat hingga flavonoid. Senyawa ini diketahui mengandung sifat antioksidan dan antiradang.

KLIK INI:  Tanaman Tanduk Rusa, Solusi bagi Haid yang Tidak Teratur

Manfaat daun kenikir

Berikut ini beberapa manfaat daun kenikir yang menarik diketahui:

1. Mencegah dan mengobati diabetes

Daun kenikir diyakini dapat mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe ini terjadi saat kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh akibat insulin tidak bekerja secara efektif.

Kandungan dedaun kenikir dapat memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh serta dapat mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol.

2. Menurunkan tekanan darah

Menurut Dokter Fery Juliawan, M.Th., dari Channel Dokter Fery TV, kenikir berkhasiat menurunkan tekanan darah.

“Kita harus rajin mengontrol tekanan darah agar risiko penyakit jantung bisa dicegah. Tekanan darah bisa jadi pencetus strok. Nah, kandungan zat aktif dalam kenikir dipercaya dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah,” ucapnya.

Caranya kata dr. Fery adalah siapkan 5 lembar daun kenikir, bersihkan lalu rebus dengan 1 gelas air (250 liter). Saring lalu tunggu sampai hangat sebelum diminum. Anda bisa menambahkan madu secukupnya. Minum 2 kali sehari.

KLIK INI:  Miana Ungu, Si Pembawa Beragam Manfaat Kesehatan yang Mudah Tumbuh

3. Mencegah osteoporosis

Kandungan daun kenikir ternyata memiliki efek yang positif dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos alias osteoporosis.

Diketahui, kenikir mengandung antioksidan serta kalsium tinggi.

“Osteoporosis adalah satu kondisi yang terjadi pada tulang akibat berkurangnya kepadatan tulang sehingga tulang menjadi lapuk dan meningkatkan risiko patah tulang. Kandungan kalsium dalam kenikir mampu merangsang pembentukan tulang dan meningkaykan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah terjadix osteoporosis,” kata dokter Fery.

Cara mengolahnya cukup mudah yakni siapkan 5 lembar atau beberapa lembar daun kenikir, bersihkan. Rebus dengan 1 gelas air (250 ml), saring dan tunggu hingga hangat boleh ditambahkan madu agar lebih nikmat dikonsumsi. Minum 2 kali sehari.

KLIK INI:  Menilik Khasiat Pulasari sebagai Penyembuh Beragam Penyakit

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Menurut Dokter Fery, kanker mempunyai sifat yang mudah menyebar sehingga dapat menimbulkan komplikasi pada organ tubuh lainnya.

“Kandungan kenikir seperti saponin, flavonoid dan tanin dipercaya memiliki peranan penting dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker,” katanya.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam daun kenikir sangat baik bagi kesehatan. Serat yang terjaga dapat memperbaiki pencernaan tubuh seperti penyerapan air ke dalam usus besar yang lancar dan buang air besar yang juga lancar.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kenikir berikutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dan antiradang pada dedaun hijau ini dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Mengatasi gondongan

Gondongan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan menyerang kelenjar parotis (kelenjar yang memproduksi air liur) sehingga memicu pembengkakan.

KLIK INI:  Sering Diabaikan, Berikut Sederet Manfaat Tapak Kuda yang Jarang Terungkap

Menurut Dokter Fery, kandungan kenikir memiliki anti inflamasi sehingga dapat mengatasi sakit gondongan.

“Caranya adalah siapkan beberapa lembar daun kenikir, tumbuk sampai halus lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambal diaduk sampai terbetuk pasta. Oleskan pada bagian yang sakit 3 kali sehari,” katanya.

Tutorial konsumsi daun kenikir yang aman

Secara umum dedaun ini aman dikonsumsi dalam bentuk lalapan mentah atau direbus. Namun, sebagian orang mengonsumsinya dengan merebusnya terlebih dahulu. Selain itu, daun kenikir saat ini juga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal.

Dikutip dari Alodokter, berikut ini tutorial konsumsi daun kenikir yang relatif aman:

  • Cuci bersih daun kenikir dengan air mengalir.
  • Panaskan air yang telah dicampur sedikit garam di dalam panci.
  • Masukkan daun kenikir ke dalam air dan masak hingga matang.
  • Angkat dan tiriskan daun kenikir.

Meski daun hijau ini amat kaya khasiat, perlu diingat bahwa semua manfaat daun kenikir yang telah disebutkan di atas belum didukung oleh bukti klinis yang memadai.

Penelitian yang dilakukan masih sebatas pada hewan percobaaan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas maupun efek sampingnya pada manusia.

Oleh karenanya, konsumsi dedaun ini untuk tujuan pengobatan sebaiknya dapat berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!

*)Sumber: Alodokter dan Channel Youtube Dokter Fery TV

KLIK INI:  Miana Ungu, Si Pembawa Beragam Manfaat Kesehatan yang Mudah Tumbuh