5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Pengobatan Rumahan

oleh -23 kali dilihat
Sakit tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan-foto/Pixabay

Klikhijau.com – Saat mengalami sakit tenggorokan, rasanya tidak ada makanan dan minuman yang enak. Sebab setiap menelan, rasa nyeri akan di tenggorokan akan sangat mengganggu.

Sakit tenggorokan paling umum disebabkan oleh virus. Saat mengalaminya tenggorokan akan terasa nyeri, gatal, tidak nyaman, atau kering.

Apabila dibiarkan, sakit ini jika dibiarkan tidak hanya mengganggu saat makan, minum atau menelan air liur. Lebih dari itu, bisa pula berakibat fatal.

Dr. Heidi Hutchison, seorang dokter praktik keluarga di Penn State Health Medical Group – East Pennsboro sebagaimana dilansir dari Newswise mengatakan, sakit tenggorokan bisa diatasi secara rumahan—tidak perlu ke rumah sakit.

KLIK INI:  Pilek Berkepanjangan? Waspadai Komplikasi Kesehatan dan Segera ke Dokter!

Namun, pengobatan rumahan bukanlah pengobatan cepat untuk suatu penyakit. Karena itu, ketika penyakit ini dianggap perlu sentuhan dokter, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dan apabila telah parah, maka sebaiknya perlu penanganan medis yang serius.

Jika sahabat hijau menderita sakit tenggorokan yang menjengkelkan dan tidak memerlukan perhatian medis, Hutchison menyarankan lima pengobatan alternatif yang bisa dilakukan di rumah dikutip dari Newswise:

  • Permen

Permen tertentu memiliki rasa yang dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Menurut Hutchison, Peppermint memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan. Penelitian menunjukkan ia memiliki sifat anti-inflamasi.

Namun, gunakan dengan hati-hati. Peppermint terdengar tidak berbahaya, namun ramuan ini diketahui menyebabkan peningkatan tekanan darah.

  • Cemilan dingin

Hal lain yang mungkin tidak terduga dari obat pengusir sakit tenggorokan adalah cemilan dingin.  Banyak yang berpendapat bahwa kehangatan minuman panas adalah kebalikan dari apa yang mereka inginkan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Karena itu, Hutchison menyarankan saat sakit tenggorokan cobalah minum es atau yang dingin-dingin, termasuk es krim.

KLIK INI:  Cara Efeketif Melenyapkan Jamur di Kamar Mandi dengan Bahan Alami
  • Menggunakan madu

Madu adalah obat dari berbagai penyakit. Tentu saja termasuk sakit tenggorokan. Menurut Hutchison, madu adalah anti-inflamasi alami.

Di beberapa negara, misalnya kroasia, madu digunakan sebagai obat, dan bukan karena rasa manisnya, tapi karena khasiatnya yang baik

“Ini tidak seperti ibuprofen,” katanya, tetapi ia memiliki beberapa khasiat yang sama. Madu aman bagi kebanyakan orang berusia 1 tahun ke atas, dan dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk sakit tenggorokan.

  • Minum teh

Jenis teh tertentu juga memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, beberapa orang menganggap kehangatan teh panas adalah hal yang dibutuhkan tenggorokan mereka agar terasa lebih baik.

Saat meminum teh, cobalah campurkan dengan madu.

KLIK INI:  Ingin Napasmu Segar, Cobalah 4 Bahan Alami Ini!

Koktail air garam

Ini kedengaran baru, namun menurut Hutchison ini adalah dari National Institutes of Health. Berikut bahannya

  • 1 gelas air hangat
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh soda kue

Campurkan bahan-bahan dalam gelas dan aduk. Berkumurlah dan keluarkan. Ulangi tiga hingga empat kali sehari.

“Studi mendukung bahwa hal ini dapat membantu,” kata Hutchison.

  • Dengan metode lain

Beberapa orang saat sakit tenggorokan akan mengunyah satu siung bawang putih. Sebagian lainnya akan menggunakan umbi-umbian juga dipercaya memiliki sifat antibiotik yang dapat membantu mengatasi infeksi.

Ada pula yang berpendapat menggunakan cabai rawit dan saus pedas. Selain itu, ada pula yang menyukai menyeruput air rebusan jahe.

Apapun obat yang dipilih untuk mengusir sakit tenggorokan, semoga memberi kesembuhan.

KLIK INI:  Ini Manfaat Berbuka dengan Air Kelapa Muda dan Bahayanya