Sering Pakai Kacamata Hitam Saat Matahari Terik Berisiko bagi Kesehatan

oleh -152 kali dilihat
Sering Pakai Kacamata Hitam Saat Matahari Terik Berisiko bagi Kesehatan
Sering pakai kacamata hitam saat matahari terik berisiko bagi kesehatan/Foto-pixabay

Klikhijau.com – Beberapa tahun terakhir, saya suka memakai kacamata hitam saat keluar rumah di siang hari. Bagi saya, itu bukan gaya sehingga saya memakainya.

Alasan memakai kacamata hitam itu hanya karena saya tidak bisa/silau menatap cahaya matahari langsung. Apalagi tinggal di wilayah yang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki udara panas.

Kacamata hitam biasanya digunakan untuk melindungi mata dari paparan radiasi sinar matahari seperti yang saya lakukan.

Hingga menemukan tulisan ini di Detik.com, saya tidak tahu jika rutin memakainya juga tidak baik. Hal itu dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, termasuk optimalisasi vitamin D.

KLIK INI:  Buka Gerai Baru di Makassar, H&M, Fashion Shop dengan Konsep Ramah Lingkungan

Sejumlah penelitian membuktikan, paparan sinar matahari memang bermanfaat bagi mata. Karena itu, sesekali mata perlu mendapatkan sinar matahari.

“Tapi, tidak boleh terlalu intens dan dalam waktu yang lama, karena dapat berdampak bahaya juga,” ujar DR Joseph Michael Mercola, seorang dokter ahli osteopatik.

Meski kacamata hitam berguna untuk menghindari paparan langsung cahaya matahari, dr Mercola menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakannya.

Ini dikarenakan kacamata tersebut akan menghalangi mata untuk menyerap cahaya yang dibutuhkan untuk ritme sirkadian yang penting bagi tubuh.

Tertulis di Medicaldaily, ritme sirkadian merupakan jam alarm bagi tubuh dan memerlukan cahaya alami yang penting dan cukup banyak untuk proses sinkronasi. Proses ini sangat bergantung pada cahaya yang mengenai fotoreseptor pada mata.

Jika tidak dipenuhi dengan baik, seseorang akan cenderung lebih mudah depresi, insomnia, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

KLIK INI:  Waspada! Polusi Cahaya Sebabkan Kanker dan Obesitas