Selain Mencerahkan Kulit, Ini 10 Manfaat Lain Jika Minum Air Hangat

oleh -703 kali dilihat
Selain Mencerahkan Kulit, Ini 10 Manfaat Lain Jika Minum Air Hangat

Klikhijau.com – Bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti kita di Indonesia, meminum air hangat adalah sesuatu yang jarang dilakukan. Iklim yang hangat membuat banyak orang gemar mengonsumsi air dingin agar lebih segar.

Membiasakan minum air putih setelah bangun tidur memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, masih banyak yang belum mengetahui manfaat minum air hangat di pagi hari.

Kebiasaan minum air hangat di pagi hari selain nyaman di tenggorokan, juga bisa membantu fungsi pernapasan bahkan sampai diet.

Dikutip dari Detik.com, ahli gizi klinis dan pakar kesehatan media di Food and Nutrition Sciences, Stella Metsovas merekomendasikan untuk minum air hangat di pagi hari. Dengan perendaman lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Sejumlah peneliti menemukan bahwa air hangat bisa melancarkan hidung tersumbat dan membuat kita merasa lebih tenang. Bahkan, pengobatan Tiongkok dan India kuno meyakini bahwa memulai hari dengan segelas air hangat bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

KLIK INI:  Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan

Berikut manfaat mengonsumsi air hangat dikutip dari beberapa sumber.

1. Memerlancar pencernaan

Manfaat minum air hangat secara umum bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih bersih. Saluran pencernaan akan terbantu dengan adanya air putih hangat sehingga nutrisi pada makanan pun akan jauh lebih mudah diserap.

Minum air hangat dipercaya mampu melegakan dan mengaktivasi saluran pencernaan. Sebab, organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya air hangat melalui perut dan usus.

Selain itu, air hangat juga berperan sebagai pelumas yang bisa memperlancar pencernaan itu sendiri.

2. Menjaga kesehatan usus

Selain bagian tenggorokan, manfaat air hangat juga akan sangat baik bagi organ usus. Manfaat minum air hangat ini bisa berguna jika diminum di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur. Hal ini memicu pergerakan usus sehingga memudahkan untuk buang air besar.

Manfaat air hangat lainnya adalah membuat makanan menjadi lebih mudah pecah sehingga usus akan dengan mudah menggerakkannya ke organ pencernaan berikutnya. Kebiasaan ini diyakini mampu mencegah masalah sembelit.

3. Melegakan hidung tersumbat

Uap hangat dari air panas bisa membantu melegakan sakit kepala karena hidung tersumbat. Apalagi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini membuat banyak orang mudah terserang influensa dan demam.

Air hangat bisa menjadi alternatif pengobatan. Gunakan uap air panas untuk melegakan hidung tersumbat dan karena kita memiliki membran mukosa pada leher, minum air hangat bisa mencegah mukosa terbentuk.

4. Melegakan sistem syaraf

Minum air hangat bisa membantu melegakan sistem syaraf pusat dan melubrikasi tubuh kita. Dengan fungsi sistem syaraf yang optimal, fungsi tubuh kita akan berjalan dengan baik dan minim rasa sakit.

Air hangat mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang. Manfaat air hangat, baik itu yang berupa air putih atau air teh jika dikonsumsi di pagi hari ternyata bisa memberikan efek psikologis yang sangat menenangkan.

KLIK INI:  Keseringan Minum Air Es, Waspada Ancaman Penyakit Ini
5. Menurunkan berat badan

Minum air hangat bisa membantu meluruhkan cadangan lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan air hangat, tubuh bisa menurunkan suhu internalnya dan meningkatkan metabolisme.

Minumlah air hangat dengan campuran lemon atau madu (atau keduanya) setiap setelah makan. Lemon mengandung serat pektin yang mampu mengontrol rasa lapar serta ideal untuk orang-orang yang sedang menjalani diet alkaline.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat yang bisa membantu meluruhkan simpanan lemak dan memperlancar sistem syaraf akan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah. Sebab, air hangat mampu membantu organ tubuh membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

7. Menghilangkan racun tubuh

Minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh kita. Jika meminumnya secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh kita akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat.

Racun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut. Hilangnya racun dalam tubuh juga bisa membuat kulit lebih cerah.

8. Meredakan sakit

Minum air hangat bisa memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Ini akan membantu kita mampu mengatasi rasa nyeri dari sendi-sendi yang sakit.

Jika perut terasa sakit, sakit kepala atau sakit pada bagian tubuh tertentu, cobalah minum air hangat untuk meredakan rasa sakitnya.

9. Mengelola stres

Jika kamu sedang merasa stres, minum air hangat bisa meredakannya secara perlahan. Minum air hangat bisa membuat otot rileks sehingga level hormon kortisol (penyebab stres) menurun.

10. Mengurangi sakit menstruasi

Salah satu manfaat utama minum air hangat adalah membantu mengurangi kram menstruasi. Air hangat bisa membawa efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi.

Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Akibatnya, nyeri haid dapat berkurang. Konsumsi air hangat dalam jumlah cukup dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Melihat banyak manfaat air hangat yang bisa didapatkan tubuh, masihkah Anda ragu untuk tidak mendapatkan manfaat minum air hangat?

KLIK INI:  8 Tips Menjalani Pola Makan yang Sehat dalam Keseharian