Selain Bawa Hoki, Ini 7 Manfaat Lain Akuarium

oleh -5,195 kali dilihat
Selain Bawa Hoki, Ini 7 Manfaat Lain Akuarium
Ilustrasi akuarium/Foto-Freepik

Klikhijau.com – Selain mempercantik pemandangan ruang tamu, memelihara ikan hias dalam akuarium juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Peneliti percaya bahwa kita bisa menghilangkan stres hanya dengan melihat ikan berenang di akuarium.

Ditinjau dari sisi Psikologi, memelihara ikan di dalam akuarium memiliki efek menyehatkan yang alami. Manfaat utama terdapat pada air pengisi akuarium, tanaman air yang hijau segar dan ikan yang warna-warni berenang kian kemari.

Sifat lembab air memberikan efek sejuk dan bisa mengurangi kekeringan. Di ruangan ber-AC yang sering membuat kulit terasa kering atau di ruangan yang terasa berhawa panas, bisa kita tempatkan akuarium. Pasti akan lebih terasa sejuk.

Banyak jenis ikan yang populer, bahkan dipercaya membawa berkah bagi pemiliknya. Ikan berdasarkan feng shui membawa hoki atau pembawa rezeki yang melimpah.

Adapun ragam jenis ikan hias yang kerap dipelihara berupa ikan koi, ikan louhan, ikan koki, sampai golongan ikan cupang yang harganya melejit.

KLIK INI:  Temukan Kesehatan yang Lebih Baik dengan Cara Menanam Pohon

Ragam ikan ini dianggap membawa keberuntungan yang pasti. Berikut ini, manfaat lain dari akuarium berpengaruh positif terhadap kondisi psikologis seseorang.

Menjernihkan pikiran dan menetralkan perasaan serta obat stres

Gerakan gemulai ikan yang berwarna-warni, berlari dan bersembunyi lalu muncul lagi dari balik bebatuan dan tumbuhan air yang hijau segar.

Ternyata pemandangan itu mampu mengalihkan perhatian kita dari masalah rutinitas sehari-hari yang membosankan dan melelahkan.

Gerak-gerik alami ikan dalam air yang mengalir tenang mampu menghanyutkan hati dan pikiran kita dalam kedamaian, menjadi obat stress yang mujarab.

Terapi penderita alzeimer, hiperaktif dan autis

Sebuah studi oleh Purdue University menunjukkan, jika ikan berwarna cerah dan bentuknya menggemaskan dapat melawan gangguan demensia. Saraf di otak yang tadinya terganggu perlahan-lahan normal.

KLIK INI:  Stress Atau Susah "Move On"? Berkebunlah dan Rasakan 5 Manfaat Ajaibnya!

Gerakan ikan yang gesit juga membuat seseorang mudah berpikir. Peningkatan daya ingat pasti terjadi tanpa disadari. Karena itu, melihat ikan bisa membantu mencegah gangguan otak itu.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi oleh para ahli dari National Marine Aquarium dari Universitas Plymouth dan University of Exeter menunjukkan, menatap ikan berenang dapat menurunkan tekanan darah

Memiliki akuarium di rumah atau tempat kerja bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

Beberapa orang memilih untuk menggunakan akuarium sebagai dekorasi tanpa ikan. Namun dengan memelihara ikan di dalamnya, efeknya akan semakin baik.

Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Dengan melihat ikan yang berenang di dalam akuarium dapat mengurangi denyut jantung.

Diperkirakan detak jantung menurun sebesar 3% ketika orang menatap sebuah akuarium yang dihiasi dengan rumput buatan dan batu alam.

Hal ini pasti sangat diharapkan oleh banyak orang, daripada harus minum obat-obatan penawar penyakit jantung.

Menurut pakar kesehatan, melihat pemandangan indah di dalam akuarium menjadi terapi yang sangat bermanfaat bagi jantung.

KLIK INI:  7 Manfaat Tersembunyi Mengunyah Permen Karet Bagi Kesehatan, Klik Ini!

Pasalnya saat melihat ikan di dalam akuarium seseorang akan merasa tenang, rileks, tekanan darah menjadi normal dan otot-otot jantung menjadi lemas.

Memberikan efek ketenangan

Akuarium ikan hias dapat membuat mereka lebih tenang dan lebih lelap tidur saat malam hari. Dengan melihat ikan yang berenang di dalam, orang yang hiperaktif akan merasa lebih tenang.

Mampu menjadi sumber inspirasi

Dengan melihat ikan hias yang berenang di akuarium, hati kita menjadi tenang, mood menjadi stabil dan kita dapat kembali berfikir sehat. Karena dengan hati yang tenang inilah, akan muncul ide-ide kreatif.

Mempercepat proses tidur

Bagi orang yang mempunyai masalah dengan tidur ada baiknya untuk mulai memelihara ikan di dalam akuarium.

Dengan melihat ikan hias yang berenang bebas di akuarium dan mendengarkan bunyi air niscaya akan membantu kita untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

***

Itulah 7 manfaat lain memelihara ikan hias selain dari sisi estetika, ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan mental kita.

Tunggu apalagi, cobalah pelihara dan rasakan manfaat lainnya.

KLIK INI:  Sensasi Bahagia Berkebun di Rumah, Mulailah dengan Menanam 4 Jenis Sayuran Ini!