Rusia Kini Memiliki Tiga Warna Salju, Dua di Antaranya Disebabkan Hal Ini

oleh -167 kali dilihat
Salju hijau di Rusia
Salju hijau di Rusia/foto-RIA New Day/Youtube via IFL Science
Irhyl R Makkatutu

Rusia, Klikhijau.com –  Vsevolod Oreshkin adalah juru bicara pabrik krom yang berada di Pervouralsk , kota di wilayah pusat Sverdlovsk Oblast. Sebuah kota di Rusia dengan populasi berjumlah 125 ribu penduduk.

Pabrik krom yang berada wilayah tersebut diduga menjadi penyebab munculnya salju hijau. Sebelum salju hijau tersebut muncul, bulan lalu Rusia juga ditandangi salju hitam yang disebabkan pula oleh industri.

Vsevolod Oreshkin sendiri mengakui bahwa bahan kimia berwarna hijau yang ‘mengotori’ salju berasal dari pabrik, tapi mereka menyatakan bahwa itu tidak akan memberikan kerugian dan tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

“Ini adalah situasi yang cukup sering terjadi di Pervouralsk, tidak menimbulkan bahaya,” katanya. Ia melanjutkan bahwa salju tersebut tidak mengancam nyawa maupun kesehatan warga.

KLIK INI: Mencengangkan, di Negara Vladimir Putin, Asap Industri Batu Bara Menyulap Salju Jadi Hitam

“Ini adalah Pervouralsk, tempat berbagai macam perusahaan industri berdiri,” imbuhnya.

Pendapat Vsevolod Oreshkin mendapat tanggapan berbeda dari para orangtua dan guru di wilayah tersebut. Mereka tidak setuju akan hal ini. Kepada reporter setempat, mereka mengatakan bahwa anak-anak jatuh sakit setelah salju hijau muncul di dekat sekolah.

“Anak-anak menjadi sakit. Mereka batuk-batuk dan kulitnya berubah menjadi merah. Ada ruam juga di wajah anak-anak. Ini terjadi setelah mereka berjalan di atas salju hijau,” kata Natalya Solovey, warga setempat.

KLIK INI: Limbah Menumpuk, Pemerintah Cina Tutup Base Camp Gunung Everest

Peristiwa munculnya salju hijau tersebut bukan pertama kalinya, sebab penduduk lokal mengatakan, mereka melihat salju hijau hampir setiap tahun. Misalnya, pada 2016 ketika pipa yang meluap mengeluarkan air tercemar kromium.

Warga setempat menganggap bahwa pemerinta lemah terhadap pengelolaan limbah. Karenanya, mereka telah protes kepada pemerintah Rusia agar lebih memperhatikan masalah limbah yang bisa mengancam lingkungan dan kesehatan warga.

Kini Rusia memiliki 3 warna salju, putih, hitam, dan hijau. Sayangnya warna hitam dan hijau disebabkan oleh pabrik industri yang tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan. (ir/diolah dari nationalgeographic.co.id)