Ini Beda Antara Bonsai, Bakalan Bonsai, Tunggul Tanaman dan Bonsai Taman!

oleh -14 kali dilihat
Ternyata Ini Bedanya Antara Bonsai, Bakalan Bonsai, Tunggul Tanaman dan Bonsai Taman!
Ridar O, seniman bonsai sedang mengatur tanaman bonsainya di Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com Bonsai tanaman merupakan satu karya seni yang memiliki nilai estetika tinggi. Karenanya pegiat kreasi satu ini kerap dinamai seniman bonsai. Ini pula yang membuat harga karya seni bonsai bisa tak terhingga.

Harganya bisa jutaan, puluhan juta bahkan miliaran. Uniknya, penggemar seni bonsai rela merogoh kocek dalam-dalam apabila menemukan satu karya yang dinilainya menarik dan sesuai seleranya.

Nah, selain harganya yang mahal dan segala keunikan lainnya, dalam dunia bonsai dikenal beberapa istilah penting antara lain bonsai, bakalan bonsai, tunggul tanaman dan bonsai taman. Apa sih makna dan arti dari istilah-istilah ini dan bagaimana membedakannya?

Secara keseluruhan, keempat istilah ini sebetulnya memiliki persamaan`mendasar yakni merujuk pada satu hal yakni tanaman kerdil. Lalu apa perbedaan ke empat istilah tersebut?

Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan dari istilah-istilah tersebut. Tujuannya agar Sahabat Hijau dapat memahami lebih mendalam perihal seni bonsai dan tentu istilah yang tepat digunakan.

KLIK INI:  Cerita Seorang Seniman Bonsai Kelapa di Pasangkayu, Pembelinya hingga Amerika
Apa itu bonsai?

Pertama-tama kita pahami terlebih dahulu perihal bonsai. Bonsai adalah tanaman kerdil yang ditanam dalam pot dan memiliki sentuhan estetika tertentu baik pada gaya, penampilan dan kesan tua pada tanaman.

Pengertian ini sebetulnya sangat relevan dengan asal kata bonsai yakni bon yang berarti pot dan sai yang berarti tanaman.

Semua tanaman kerdil baik yang tua maupun yang memiliki kaidah bonsai lainnya, tetapi tidak ditanam dalam pot tidak dapat disebut bonsai. Demikian pula sebaliknya, semua tanaman yang ditanam dalam pot, tetapi tidak kerdil, berkesan tua atau tidak memenuhi kriteria bonsai tidak pula dapat disebut bonsai.

Apa itu bakalan bonsai?

Lalu, apa bedanya antara bonsai dan bakalan bonsai? Dari namanya dapat dipahami bahwa bakalan bonsai adalah bonsai yang belum jadi. Dalam arti semua tanaman baik dari biji, setek, cangkok dan lainnya yang hendak dijadikan bonsai tergolong bakalan bonsai.

KLIK INI:  Buat Pemula, Ini 5 Ciri Tanaman yang Cocok Dibonsai!
Apa itu tunggul tanaman?

Tunggul tanaman adalah tanaman yang tumbuh di alam lantas digali untuk diambil batang  atau akarnya. Para seniman atau pegiat bonsai biasanya aktif mencari atau memburu tunggul dari habitatnya. Tunggul inilah yang banyak dijual sebagai bakalan bonsai.

Ada dua jenis tunggul tanaman yakni tunggul tanaman berukuran kecil dan tunggul tanaman berukuran besar. Tunggul yang kecil dijadikan bakalan bonsai, sedangkan tunggul yang besar kerap dijadikan elemen taman. Tunggul untuk elemen taman inilah yang melatarbelakangi munculnya istilah bonsai taman.

Apa itu bonsai taman?

Jadi, bonsai taman adalah tanaman kerdil atau tunggul yang ditanam sebagai elemen atau bagian dari taman. Bonsai taman seringpula disebut bonsai instan.

Pada dasarnya, bila kembali ke istilah awal dalam kata ‘bonsai’ (bon=pot, sai=tanaman), maka tak ada istilah bonsai taman. Alasannya, semua bonsai sejatinya harus ditanam dalam pot. Ini yang membuat sejumlah pihak berpendapat bahwa tanaman kerdil atau tunggul tanaman  yang ditanam di taman tak tepat bila dinamai bonsai taman.

Nah, sahabat Hijau, demikianlah perbedaan antara bonsai, bakalan bonsai, tunggul tanaman dan bonsai taman. Semoga dari penjelasan ini semakin membuka wawasan kita perihal seni bonsai.

*Sumber: Buku “Bakalan Bonsai” yang ditulis Penulis PS dan diterbitkan Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta 1992.

KLIK INI:  Mawar Hijau yang Mentereng, Fakta Tentangnya dan Filosofinya!