Berbagai Ide Bermain Sambil Belajar Mengenal Alam pada Anak

oleh -949 kali dilihat
permainan ringan bersama anak dan orang tua
Ilustrasi menyiram bunga dengan anak-Foto/bibitbunga.com

Klikhijau.com – Mengenalkan alam sejak dini pada anak-anak sangat penting. Karena masa depan alam ini terlelat pada ana-anak.

Merekalah yang akan mewarisi alam ini dari orang tuanya. Itulah sebabnya, pendidikan lingkungan anak akan memiliki peran penting dalam menentukan nasib alam ini selanjutnya.

Banyak hal yang bisa ditempuh para orang tua untuk mengenalkan alam pada buah hatinya. Ide itu bisa berupa permainan.

Tak bisa dipungkiri, dunia anak-anak adalah dunia bermain. Maka sangat ideal jika mengenalkan alam kepada mereka dengan cara bermain.

KLIK INI:  Tetap Gembira, Ini 6 Permainan Ringan Bersama Anak dan Orang Tua di Rumah!

Ada beberapa permainan anak yang bisa melahirkan rasa cinta pada lingkungan sejak di dini hari mereka, berikut di antaranya:

  • Menyiram tanaman

Anak-anak memiliki sifat alami tersendiri, yakni menyukai bermain air. Rerata anak akan senang jika bermain air.

Untuk menyalurkan kesukaan itu, para orang tua atau guru bisa mengajak mereka menyiram tanaman.

Cara tersebut diyakini bisa menumbuhkan rasa cinta pada alam atau lingkungan kepada anak. Jadi, selain bermain, anak-anak juga akan belajar mengenal alam, khususnya tanaman.

  • Keliling taman

Bermain di alam terbuka, misalnya taman akan membuat anak lebih bergairah. Selain itu, juga akan membuatnya lebih sehat. Banyak penelitian yang membuktikannya, jika berinteraksi dengan alam hijau (baca taman) bisa menghindarkan dari berbagai penyakit.

Dengan berkeliling taman, anak-anak akan merasakan manfaat taman itu sendiri, termasuk tanaman di dalamnya.

Sambil berkeliling taman, para orang tua bisa memperkenalkan kepada mereka jenis-jenis tumbuhan dan pentingnya menjaga dan merawatnya.

KLIK INI:  Anak Enggan Makan Sayur dan Buah, Coba Lakukan Trik Ini Agar Doyan!
  • Mengumpulkan daun kering

Bermain di tanah, juga disukai oleh anak-anak. Saat berkeliling taman atau saat bermain di halaman rumah, anak bisa bermain dengan cara mengumpulkan daun kering yang berserakan.

Daun kering itu, bisa mereka jadikan rumah-rumahan atau bahkan uang mainan untuk membeli suatu.

Dengan cara itu, anak akan mengerti dan tahu arti pentingnya kebersihan. Karenanya, cara seperti ini menarik diterapkan sejak dini.

  • Piknik

Bersentuhan dengan alam akan sangat bagus bagi perkembangan anak. Piknik, termasuk piknik di halaman rumah bisa menjadi solusi belajar  bagi anak-anak sambil bermain.

Melalui aktivitas piknik, anak-anak bisa lebih dekat dengan alam. Sehingga ke depannya kenangan itu bisa membuatnya lebih mencintai alam ini.

KLIK INI:  Celana Dalam Bekas, Permasalahannya, dan Cara Mengatasinya
  • Memilah sampah

Bermain “kotor-kotoran” juga disukai anak. Tak ada salahnya mencoba mengajak mereka bermain dengan cara memilah sampah, meski hal itu akan terlihat kotor. Namun, akan memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan anak dalam hal mencintai alam dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

  • Berkebun

Berkebun merupakan permainan yang mengasyikkan bagi anak-anak. Mereka bisa diajak menanam tanaman atau merawat tanaman.

Agar lebih menarik, biarkan mereka memilih tanaman yang mereka sukai, dan izinkan mereka memberi nama tanaman yang mereka tanam.

Menanam dan merawat tanaman adalah bagian dari bakti cinta pada alam. Karenanya harus diajarkan sejak dini kepada anak.

KLIK INI:  5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!
  • Main rumah-rumahan

Bagi anak kampung, main rumah-rumahan adalah yang menyenangkan. Bahan-bahan yang digunakan pun dari alam, misalnya untuk atap menggunakan daun pisang.

Hal ini juga bisa dilakukan oleh anak di mana pun mereka. Caranya adalah dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai menjadi rumah untuk permainan mereka.

Melalui cara ini, anak-anak tidak akan membuang sembarangan barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Karena mereka bisa memanfaatkannya untuk permainan.

Nah, sahabat hijau, itulah beberapa ide permainan anak yang bisa mendekatkan kepada alam atau lingkungan.

KLIK INI:  6 Ide Mengemas Liburan Anak di Rumah yang Ramah Lingkungan