Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama, Menteri LHK: Birokrasi Harus Responsif

oleh -13 kali dilihat
Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama, Menteri LHK: Birokrasi Harus Responsif
Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama oleh Menteri LHK - Foto: Ist

Klikhijau.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melantik empat Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II) lingkup KLHK di Jakarta, Kamis (28/3).

Keempat pejabat yang dilantik yaitu Mamat Rahmat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Edi Sulistyo Heri Susetyo sebagai Kepala Biro Perencanaan, Irawan Asaad sebagai Direktur Adaptasi Perubahan Iklim, dan Rudianto Saragih Napitu sebagai Direktur Pencegahan dan Pengamanan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam sambutannya, Menteri Siti mengungkapkan bahwa posisi keempat pejabat ini adalah organ-organ esensial di Kementerian LHK. Esensial disini, kata Menteri Siti artinya sangat penting dan urgen perannya di isu lingkungan hidup dan kehutanan.

Dalam sambutannya, Menteri Siti secara pribadi mengakui betapa dirinya ikut mengikuti perkembangan terhadap situasi dan organ-organ esensial ini terutama dari medsos, pemangku kepentingan dan lain-lain.

KLIK INI:  Kebakaran Hutan dan Lahan, Cerita yang Terus Berulang

Ia menegaskan, pentingnya respons cepat dari pihak-pihak di KLHK agar tidak ketinggalan isu. Juga tentu dapat berperan dalam merespons permasalahan yang terjadi seputar tupoksinya masing-masing.

“Kemudian datang lagi isu yang baru, akhirnya akan terlindas Kementeriannya oleh isu yang bertubi-tubi masuk,” jelas Menteri Siti menegaskan.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti mengingatkan kembali posisi penting dari birokrasi atau politik eksekutif yaitu simbolik, ekstraktif, regulatif, alokatif/distributif dan responsif.

“Saya ingin seluruh unit di Kementerian memahami dengan baik, posisi-posisi tersebut,” katanya.

“Tolong bekerja dengan fokus, menjaga baik-baik, utuh, rasional, disiplin, transparan dan semua prinsip-prinsip birokrasi, merespons dengan baik, serta menggunakan hati juga,”pungkas Menteri Siti dalam arahannya saat  melantik Pejabat Tinggi Pratama.

KLIK INI:  Hasil Riset BLI Siap Dukung Pemindahan Ibukota Negara