Lidah Biru Lucky Mengagetkan Petugas di Australian Reptile Park

oleh -365 kali dilihat
Lidah Biru Lucky Mengagetkan Petugas di Australian Reptile Park
Kadal lidah biru berkepala dua/ foto-Kompas.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Lucky mengagetkan para para petugas di Australian Reptile Park karena ia memiliki  lidah biru dan berkepala dua. Sesuatu yang sangat langka.

Menurut Daniel Rumsey seperti yang dilansir Nationalgeographic.co.id, kadal seperti Lucky cenderung tidak dapat bertahan hidup di alam liar. Sebab, hewan dengan kelainan bentuk sering kali tidak dapat makan atau berburu dengan benar. Mereka juga lebih lemah.

“Melihat hal itu, Lucky si kadal lidah biru, sedang kami rawat dengan hati-hati. Kami berharap, ia dapat hidup panjang dan bahagia sebagai kadal paling unik di sini,” paparnya.

Kadal lidah biru merupakan hewan ikonik di Australia. Lucky menjadi sangat spesial karena ia memiliki dua kepala.

KLIK INI:  Menyedihkan, Burung Langka Diselundupkan dalam Botol Mineral

Kadal sejenis Lucky ini akan menunjukkan lidah birunya sebagai tanda peringatan. Mereka juga bisa melebarkan badannya agar terlihat lebih besar dan kadang mengeluarkan suara.

“Hal ini memang bisa terjadi. Kami pernah melihat ular berkepala dua sebelumnya, dan sekarang kadal,” kata Rumsey.

Penemuan Lucky menjadi sesuatu yang menyenangkan karena ia berbeda dengan kadal yang lain. Kadal lidah biru tersebut kerap ditemukan di halaman belakang warga Australia saat sedang mengunyah siput.

“Sebagai pecinta reptil, selalu menyenangkan saat menemukan sesuatu yang begitu berbeda dan tidak biasa. Kami akan memperlakukannya dengan baik.”

Kadal lidah biru akan langsung membuka mulutnya lebar-lebar. Mereka kemudian menunjukkan lidah biru yang kontras dengan warna mulutnya yang merah muda. Hal itu dilakukan jika menghadapi sesuatu yang dianggap berbahaya.

Kadal lidah biru memiliki cara ampuh untuk mengusir musuhnya. Mereka akan mendesis dan meratakan tubuhnya. Ukuran kepalanya yang besar bisa menakuti predator yang mengusiknya.

Meski ukuran tubuhnya terbilang  kecil, ketika menyentuhnya harus hati-hati karena mereka akan menggigit.

KLIK INI:  Daeng Supu', Lelaki yang Memancing Plastik di Tepi Kanal