Bunga Carnation, Tanaman Hias sebagai Simbol Perasaan Manusia

oleh -2,768 kali dilihat
Bunga Carnation, Tanaman Hias sebagai Simbol Perasaan Manusia
Bunga anyelir atau carnation - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Apa mungkin luapan perasaan disimbolkan oleh sekuntum bunga Carnation atau Anyelir? Mengungkapkan perasaan kepada seseorang dengan menggunakan karangan bunga akan menambah kesan haru serta kesan romantis jika itu adalah ungkapan cinta.

Terkadang seseorang sulit untuk mengungkapakan perasaan dengan kata-kata. Dalam hal ini, buket bunga Anyelir dapat menjadi penolong untuk menyalurkan segala rasa yang sedang anda rasakan dan alami.

Bunga Carnation juga kadang disebut Teluki (Dianthus Caryophyllus). Dari berbagai sumber literasi disebutkan bahwa bunga ini pertama kali ditemukan di kawasan Mediterania. Sejak zaman dahulu, ia sudah dikenal sebagai tanaman hias oleh karena bunganya yang cantik dan berwarna-warni.

Bahkan ia dijuluki sebagai bunga dewa mengingat nama latinnya yakni “Dianthos” berasal dari kata Yunani yang berarti Dewa untuk Dios dan Bunga untuk Anthos.

Keindahan yang otentik dari anyelir adalah warna-warni kembangnya yang mencolok kontras dengan batang dan tangkainya yang mampu mewakili setiap perasaan.

KLIK INI:  Tak Ada Ruginya Menaman Lidah Mertua, Ini 5 Manfaatnya yang Mengejutkan

Selain digunakan sebagai buket bunga, tanaman hias yang satu ini juga sering digunakan untuk mendekorasi ruangan. Misalnya ruangan untuk acara pernikahan, pemakaman, ulang tahun dan aneka festival. Hal ini disebabkan oleh daya tahannya yang lama meski sudah dipotong.

Sebagai tanaman hias, ia lebih banyak ditanam di pot daripada ditanam langsung ke tanah. Usia maksimal tanaman ini adalah 18 hingga 20 bulan. Adapun ketinggiannya bisa mencapai 2 meter.

Oleh karena tak bisa tumbuh tegak, maka bagian batang harus diikat bersama dengan penyokong yang berdiri tegak lurus mengikuti bentuk bunga yang akan dirangkai. Memang ciri batangnya yang semu dan baru terlihat nyata pada tanaman yang sudah menua.

Bagian daun yang cenderung runcing dengan tulang daun yang menyirip, sempit dan panjang. Warna daunnya hijau keputih-putihan. Adapun diameternya berkisar di angka 5 sampai 10 cm.

Secara umum, bisa dikelompokkan menjadi dua jenis jika dilihat dari jumlah bunganya. Pertama dalah Anyelir dengan satu bunga pada satu tangkai dan kedua adalah Anyelir dengan banyak bunga atau spray pada satu tangkai.

KLIK INI:  Bunga Ekor Kucing, Morfologi, Kandungan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga bisa digunakan untuk kesehatan. Daunnya mengandung senyawa alkaloid, dan saponin, dan terkhusus pada bagian bunganya mengandung minyak atsiri dan flavonoid yang memiliki khasiat anti radang, anti diare, dan penenang, juga biasa digunakan untuk mengobati diare dan sakit kepala.

Bunga carnation, simbol ungkapan perasaan

Umumnya, bunga ini dibentuk menjadi sebuah buket dan dihias indah dengan tambahan pita. Memberikan bunga, biasanya diandalkan untuk menyatakan perasaan di saat seseorang kesulitan merangkai kata.

Tapi, jangan sembarangan memberikan bunga kepada seseorang. Hal ini dikarenakan masing-masing bunga dan warnanya memiliki arti yang berbeda. Berikut simbol yang biasa dilambangkan oleh bunga anyelir saat diberikan kepada seseorang:

  1. Bunga anyelir putih

Warna putih pada anyelir bisa melambangkan cinta yang suci, kesetiaan, rasa syukur yang murni, menggebu, serta mendalam. Jadi ketika sesorang memberikan bunga putih ini, ia memberikan cinta sejatinya kepada penerima. Atau bisa juga berarti lainnya yaitu semoga bisa membawa keberuntungan. Sangat cocok diberikan kepada pasangan pada saat ulang tahun pernikahan pertama atau lamaran.

KLIK INI:  Arum dalu, Ratu Malam yang Harum Semerbak
  1. Bunga anyelir merah

Bunga berwarna merah umumnya diartikan sebagai bentuk kekaguman dan persahabatan. Kamu bisa memberikannya kepada seseorang yang dikagumi seperti guru, seniman, atau saat sahabat merayakan momen penting dalam hidupnya, berikan bunga ini sebagai bentuk dukungan. Pada beberapa negara, memiliki arti cinta dan kasih sayang yang mendalam. Untuk warna merah ini bisa mencerminkan sebuah kekaguman tersendiri. Ataupun bahkan bisa berarti pemberi bunga menginginkan si penerima bunga.

  1. Bunga anyelir merah muda

Sejak dulu, warna ini memiliki sifat yang lembut dan selalu dikaitkan dengan cinta abadi seorang ibu dan kaum wanita. Di Korea Selatan sendiri, bunga ini laris manis menjelang perayaan hari orang tua. Anak-anak akan memberikan buket atau bros pada ibu dan ayah. Pemberian bunga ini melambangkan bahwa si pemberi tidak akan pernah melupakan si penerima,

  1. Bunga anyelir ungu

Bunga ini melambangkan sebuah ketidakteraturan. Memberikan bunga anyelir ungu kepada seseorang berarti kamu mau berubah sesuai dengan keinginannya. Pastikan kalau kamu sudah berkomitmen. Dengan begitu, orang yang menerima bunga tersebut tidak akan merasa kecewa.

  1. Bunga anyelir kuning cerah

Bunga anyelir kuning merupakan lambang penolakan, emosi, benci, sekaligus kecewa terhadap seseorang. Jika kamu ingin menolak seseorang, lakukan dengan halus tanpa menyakiti perasaannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan bunga ini.

Demikian arti bunga anyelir atau carnation berdasarkan masing-masing warna. Jangan sampai kamu salah pilih warna bunga hias ini saat menyatakan perasaan. Namun, terlepas dari itu semua, filosofi bunga anyelir adalah tentang keindahan ciptaan-Nya yang harus kita syukuri keberadaannya. Karena setiap flora yang ada di bumi ini memiliki makna yang patut dilestarikan sebagaimana ia hadir mewakili perasaan setiap manusia. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  5 Trik Jitu Membeli Tanaman Hias, Jangan Asal Tergoda dengan yang Kinclong!