Beri Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Buah hati yang Cerdas!

oleh -213 kali dilihat
Ilustrasi anak cerdas
Ilustrasi anak cerdas/foto-starberita.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Di media sosial dengan mudah kita temukan foto anak kecil yang diunggah oleh orang tuanya. Foto foto itu kerap dibarengi dengan kata kata berupa doa dan harapan agar anak itu tumbuh jadi anak yang saleh, cerdas, berbakti pada orang tua dan bangsa.

Dari berbagai, sumber klikhijau.com akan mengurai makanan agar anak tumbuh dengan cerdas, sebab otak memerlukan asupan makanan yang cukup untuk memenuhi perkembangan yang dibutuhkan.

Banyak makanan yang bisa memenuhi kebutuhan otak anak selain sayur dan buah-buahan, namun hanya beberapa makanan dapat meningkatkan ketajaman otak anak di atas satu tahun dan mengoptimalkan kemampuan konsentrasinya.

  • Beri

Keluarga beri (stroberi, ceri, bluberi), semakin kuat warnanya semakin banyak zat gizi yang dikandungnya. Beri mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.

KLIK INI:  Ini Jenis Makanan yang Terbukti Bisa Cegah Munculnya Jerawat

Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak bluberi dan stroberi mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah beri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega 3.

  • Telur

Otak anak sedang mengalami perkembangan yang signifikan pada tahun-tahun awal. Lantas apa hubungannya dengan telur? Kuning telur kaya akan kolin, vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel memori dalam otak.

Telur juga memiliki kadar protein tinggi, mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin A. Semua nutrisi itu penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan sel-sel.

  • Ikan dengan kandungan omega-3

Ikan salmon, makerel, tuna, dan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 dan harus dikonsumsi oleh anak setidaknya seminggu sekali. Asam lemak omega-3 merupakan komponen penting yang diperlukan dalam perkembangan sel otak.

KLIK INI:  Bermain di Alam Bebas Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak, Benarkah?

Selain itu, omega-3 juga memiliki pengaruh dalam fungsi memori serta sel-sel penghubung antarsaraf. Studi juga menemukan hubungan antara kemampuan buruk dalam membaca dengan minimnya kadar omega-3 pada otak anak.

  • Sereal, dan roti gandum

Biji-bijian mengandung karbohidrat yang kaya akan glukosa penting dan energi sebagai bahan bakar otak. Jenis makanan ini juga kaya akan vitamin B, nutrisi penting bagi sistem saraf.

KLIK INI:  Mengesankan, Ini Manfaat Azan Bagi Otak Menurut Ahli Neurosains

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan dengan jenis makanan ini dapat meningkatkan memori jangka pendek dan perhatian, bila dibandingkan dengan karbohidrat olahan atau tidak sarapan sama sekali. Makanan ini juga mengandung serat tinggi, sehingga dapat mengatur pasokan glukosa dalam tubuh.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan membantu anak-anak berenergi lebih lama dan meningkatkan konsentrasi mereka.  Kacang-kacangan membantu anak-anak berenergi lebih lama dan meningkatkan konsentrasi mereka.

KLIK INI:  Benarkah Instagram Media Paling Buruk Bagi Kesehatan Mental, Bagaimana Mengatasinya?

Mengandung kadar protein tinggi beserta vitamin dan mineral, kacang-kacangan merupakan makanan pilihan terbaik untuk buah hati Anda. Kacang merah dan kacang pinto mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi dibanding jenis kacang lainnya. Kacang-kacangan membantu anak-anak berenergi lebih lama dan meningkatkan konsentrasi mereka.

  • Susu, yoghurt, dan keju

Susu dan produk olahannya ini kaya akan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmit er, dan enzim-enzim otak. Jenis makanan ini juga memiliki kandungan kalsium tinggi, yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat serta sehat.

  • Daging sapi tanpa lemak

Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi adalah 4,05 mg. Sedangkan kebutuhan akan zat besi pada anak-anak adalah 3-10 mg per hari. (kh)