Usai Magang di Klikhijau, Mahasiswa Sosiologi UNM Siap Dorong Perubahan

oleh -61 kali dilihat
Usai Magang di Klikhijau, Mahasiswa Sosiologi UNM Siap Dorong Perubahan
Sesi penarikan mahasiswa MBKM Mandiri Prodi Sosilogi UNM di Klikhijau - Foto/Ist

Klikhijau.com – Sebanyak tiga mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Makassar (UNM) baru saja menyelesaikan program Magang MBKM Mandiri di Klikhijau selama empat bulan (Periode Juli – November 2022).

Momen penarikan mahasiswa magang digelar di Kantor Klikhijau, Sabtu 3 Desember 2022. Sesi mengharukan ini dihadiri langsung Dosen Pembimbing dari Prodi Sosiologi UNM, Bahrul Amsal, Direktur Klikhijau Anis Kurniawan dan tim Manajemen Klikhijau.

Selama magang, para mahasiswa terlibat dalam beberapa kegiatan Klikhijau, mulai dari liputan dan penulisan konten bertema lingkungan, hingga terlibat dalam aksi-aksi kampanye lingkungan.

Bahrul Amsal menuturkan apresiasi tinggi atas Kerjasama yang baik antara Prodi Sosilogi UNM dan Klikhijau dalam program MBKM Mandiri.

KLIK INI:  Menanti Pertandingan Domino Ramah Lingkungan ala KP2K

“Terima kasih telah menerima dan membimbing mahasiswa kami belajar selama empat bulan. Ini suatu pengalaman luar biasa yang belum tentu didapatkan di ruang kelas di kampus. Semoga pengetahuan dan pengalaman ini bermanfaat untuk pengembangan mahasiswa,” jelar Bahrul.

Bahrul berharap Kerjasama dengan Klikhijau untuk program yang sama dapat dilakukan di periode mendatang.

“Saya yakin, adik-adik yang magang di Klikhijau mendapat pengalaman yang kompleks tidak hanya pengalaman administratif di kantor, tetapi juga di lapangan. Selamat pada para mahasiswa atas proses yang dijalankan di Klikhijau selama empat bulan,” tambahnya.

Kolaborasi positif

Direktur Klikhijau, Anis Kurniawan menyampaikan apresiasinya pada para mahasiswa magang dari Prodi Sosiologi UNM. Menurut Anis, Kerjasama ini merupakan kolaborasi positif yang saling menguatkan.

KLIK INI:  Upaya Melacak Jejak Konservasi Tumbuhan dari Prasasti Batu Tulis

“Saya berterima kasih pada Prodi Sosiologi UNM yang telah memilih Klikhijau sebagai lokus magang. Terus terang saya sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa magang. Mereka memberi warna pada kegiatan-kegiatan yang kami lakukan,” kata Anis.

Anis juga berpesan pada para mahasiswa untuk dapat mengembangkan pengalaman yang didapat selama magang.

“Salah satu yang kami perkuat selama magang adalah kemampuan kolaborasi, adaptasi dan pentingnya memahami kompleksitas dalam masyarakat khususnya berkaitan dengan penanganan sampah berbasis warga,” jelasnya.

Selama magang di Klikhijau, para mahasiswa diliatkan dalam pendampingan di Kelurahan Sambung Jawa dan di Kecamatan Manggala Kota Makassar.

KLIK INI:  HKAN 2021, Kehati Gelar Diskusi ‘IG Live’ Perihal Penulisan Isu Konservasi Indonesia

Di dua lokus ini, Klikhijau.com menjalankan program penguatan intensi warga dalam mengelola sampah.

“Meski program Magang berakhir, para mahasiswa tentu masih bisa dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan Klikhijau. Pintu rumah kita selalu terbuka untuk kalian semua,” kata Anis.

Pengalaman berharga

Sementara itu, tiga mahasiswa Magang memiliki kesan dan pesan berbeda-beda selama magang.

Yusrawati misalnya mengaku sangat terkejut di awal Program Magang di Klikhijau, namun seiring waktu ia bisa beradaptasi dan mengenali visi yang akan dijalankan.

“Awalnya saya mengira bahwa magang di Klikhijau mungkin kita hanya banyak di kantor menulis artikel dan berita. Ternyata tidak. Ada banyak program lapangan dimana kami dilibatkan langsung dalam kampanye dan edukasi di masyarakat. Kami siap menjalankan pengalaman selama magang di masyarakat nantinya khususnya mengenai tata kelola sampah,” kata Yusrawati.

Hal senada disampaikan Nurul Fayza Rahman, yang merasa mendapatkan banyak pembelajaran baru selama magang.

“Saya mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman baru selama magang. Terima kasih telah membimbing kami belajar di sini!” katanya.

Pernyataan serupa dikatakan Maharani Liksiara Ayu Pitaloka yang merasa sangat menikmati proses magang selama empat bulan di Klikhijau.

“Saya menikmati proses belajar dan berkolaborasi di Klikhijau. Ini pengalaman luar biasa bagi saya,” pungkasnya.

KLIK INI:  Telkom Bakal Memiliki Data Center Ramah Lingkungan