Waspada, Gelombang Laut Setinggi 6 Meter Hantui Perairan Sulsel Hingga Awal Februari

Publish by -79 kali dilihat
Waspada, Gelombang Laut Setinggi 6 Meter Hantui Perairan Sulsel Hingga Awal Februari
Ilustrasi BMKG

Klikhijau.com – Masyarakat pesisir pantai dan pulau di Selat Makassar bagian selatan diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi 4 hingga 6 meter. Termasuk wilayah kabupaten Kepulauan Selayar, di Sulawesi Selatan.

Perairan Selat Makassar bagian selatan merupakan kawasan perairan yang memiliki potensi sumber daya perairan yang besar dan kaya nutrisi. Daerah ini merupakan titik pertemuan massa air dari Samudera Pasifik dan Laut Flores.

Plt Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan, Joharman mengatakan, potensi gelombang tinggi akan terjadi mulai Rabu 30 Januari hingga 1 Februari 2019.

KLIK INI:  RUU Energi Baru Terbarukan Dapat Masukan Beragam dari 5 Universitas

“Untuk itu masyarakat kita imbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan. Karena hasil pencermatan BMKG akan terjadi potensi gelombang tinggi 4 hingga 6 meter,” kata Joharman, Selasa 29 Januari 2019.

Diperkirakan gelombang tinggi terjadi di Laut Cina Selatan dan Laut Natuna Utara, Perairan Utara Kepulauan Natuna, Laut Jawa bagian Timur Hingga Laut Sumbawa, Selat Makassar bagian Selatan.

Kemudian, Perairan Selatan Jawa Timur Hingga Pulau Rote, Selat Bali-Selat, Lombok-Selat Alas bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTT, Perairan Utara Flores, Perairan Kepulauan Sabalana-Kepulauan Selayar, Laut Flores, Laut Sawu dan Laut Timor Selatan NTT.

KLIK INI:  Warga Selayar Digegerkan Kemunculan Asap dan Air Panas yang Bisa Matangkan Telur

KLIK Pilihan!