Temukan Sensasi Bertemu Tanaman di Rumah Galeri Bulukumba

Publish by -21 kali dilihat
Penulis: BS Makkunrai
Rumah Galeri Bulukumba, Tempat Santai Bernuansa Hijau
Taman bunga di Rumah Galeri Bulukumba/Foto- Bs

Di kebun belakang rumahnya tersedia berbagai jenis tanaman yang mereka tanam

Klikhijau.com – Menciptakan nuansa hijau kini bisa dilakoni siapa saja. Termasuk orang yang memiliki pekerangan rumah yang sempit.

Nuansa hijau bisa diciptakan dengan memanfaatkan pertanian organik. Apalagi kini pertanian organik mulai dikenal luas masyarakat.

Hal ini seiring dengan adanya tren hidup sehat. Banyak pelaku pertanian organik bermunculan seiring dengan pangsa pasar yang semakin terbuka.

Seperti kisah sepasang suami istri di Bulukumba tepatnya di Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujung Bulu. Mereka memanfaatkan lahan kosong belakang rumahnya untuk membangun Rumah Galeri Bulukumba.

KLIK INI:  Di Kampung Ini, Sampah Plastik Jadi Ladang Rezeki

Rumah tersebut fokus pada pertanian organik dan penggunaan bahan organik untuk pembuatan barang kerajinan dari kayu ataupun bambu.

Suami istri itu biasa disapa Kak Ifa dan Kak Enal, sekarang sedang fokus mengembangkan usaha yang mereka rintis bersama.

Kak Ifa mengurusi kebun dengan menyediakan tumbuhan organik, sementara Kak enal fokus pada Usaha miniatur Pinisinya yang bahannya berasal dari kayu-kayu bekas yang tak terpakai lagi.

Selain itu, ia juga menggunakan Virgin Coconut OIl (VCO) sebagai bahan finishing miniatur pinisinya.

Suguhan berbagai tanaman

Di kebun belakang rumahnya tersedia berbagai jenis tanaman, dari tanaman hias (kaktus, sukulen, dll), tanaman produktif hingga tanaman hutan. Semuanya menggunakan pupuk organik berupa nutrisi tanaman dan Kompos yang mereka buat sendiri dari sampah-sampah organik

Sangat nyaman dan hangat rasanya ketika berkunjung ke Rumah Galeri Bulukumba, selain karena mata menjadi sejuk disuguhkan berbagai jenis tanaman.

Anda juga sesekali bisa menikmati teh panas dan pisang peppe hasil kebun, diolah di kebun dan juga dinikmati dengan hangat di kebun.

KLIK INI:  Kopi Andalan yang Perlahan Punah di Kindang, Bulukumba

Selain itu, yang juga sangat menarik adalah Anda juga bisa menikmati dengan santai berbagai jenis buku bacaan yang juga tersedia d kebun itu. Iya, di sana juga terdapat taman baca yang bisa memanjakan pengunjung dengan berbagai jenis buku bacaan.

Siapa saja bisa berkunjung di kebun mereka, bahkan seringkali kebun mereka menjadi objek kunjungan belajar luar kelas untuk anak-anak sekolah d Kab. Bulukumba.

Anak sekolah yang berkunjung akan diajari bagaimana merawat tanaman, menyiram tanaman dan juga akan diajari bagaimana membuat Kompos, semua itu tergantung dari kebutuhan dan tujuan anak-anak sekola berkunjung.

Anda penasaran dengan rumah kebun mereka? Yuk, berkunjung dan temukan sensasi bertemu tanaman dan kerajinan ramah lingkungan di Rumah Galeri Bulukumba! Rumah yang bisa dijadikan tempat diskusi.

KLIK INI:  Suriani, Perempuan Lorong yang Berjuang Merdeka dari Kepungan Sampah
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!