Benda-Benda yang Dapat Menyimpan COVID-19 dan Durasinya Bertahan!

Publish by -1.214 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
benda yang dapat menyimpan Covid-19
Infografis benda yang bisa menyimpan virus corona dan durasinya bertahan-Foto/Klikhijau.com

Klikhijau.com – Penyebaran virus Covid-19 atau virus corona memang berpotensi massif karena akan melengket pada benda-benda di sekitar kita. Yuk, kenali benda-benda yang dapat menyimpan Covid-19 dan berapa lama ia bertahan di sana.

Ini penting agar selain dapat menghindari kontak dengan benda-benda yang kemungkinan tersentuh banyak orang, kita juga dapat selalu waspada setiap saat. Dengan memahami ini, kita tentu juga bisa mengenali lebih awal tempat-tempat keramaian mana saja yang patut dihindari sementara.

Berikut benda-benda yang dapat menyimpan Covid-19 dan durasinya bertahan yang dikutip dari New England Journal of Medicine (sebagaimana dishare ADUPI).

KLIK INI:  Covid-19, Persatuan, dan Public Trust
  1. Botol plastik

Pada botol plastik, virus Covid-19 yang tersentuh penderita bisa menjadi area berpindah virus corona dan bertahan di sana selama 2 sampai 3 hari. Di mana botol plastik berpotensi tersentuh massif? Antara lain di minimarket yang banyak pengunjung semisal di bandara, dan lainnya. Ada baiknya berhati-hati bila sedang membeli sesuatu, pastikan benda tersebut aman dari kontak massal.

  1. Stainless steel

 Stainless stell merupakan benda yang diproduksi dari perpaduan logam yang terdiri dari kromiu  dan besi. Benda ini banyak digunakan sebagai peralatan dapur, karena tidak mempengaruhi rasa dalam makanan. Benda ini banyak dijumpai di tempat perbelanjaan rumah tangga atau di rumah. Untuk diketahui, virus Covid-19 dapat bertahan selama 2 sampai 3 hari di stainless steel.

  1. Kayu

Pada kayu yang ada di sekitar kita, Virus Corona dapat bertahan di sana selama 4 hari bila pernah kontak dengan virus corona. Waktu yang cukup lama, pastikan Anda menjaga jarak dengan spot-spot tertentu yang berbahan kayu dan berpotensi tersentuh banyak orang.

KLIK INI:  Motivator Lingkungan: Ambil Sisi Positif dari “Social Distancing” dengan Tetap Happiness
  1. Kaca

Virus corona akan bertahan pada kaca selama 4 jam. Ini harus jadi perhatian bersama sebab di ruang public, kaca tergolong benda yang dominan. Perhatikan baik-baik dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan tempat umum berbahan kaca agar terhindar dari potensi virus.

  1. Kertas

Setiap hari kita akan bersentuhan dengan benda berbahan kertas semisal uang kertas, buku-buku di took buku atau di perpustakaan umum. Untuk diketahui, virus Covid-19 dapat bertahan di kertas selama 4 sampai 5 hari.

  1. Sarung tangan medis

Walau Covid-19 hanya bertahan selama 8 jam pada sarung tangan. Benda ini tergolong paling berbahaya. Sarung tangan medis harus ditangani secara khusus sebagai benda infeksius. Tidak boleh digunakan kembali secara bebas dan sebisa mungkin mengambil jarak dengan benda ini.

  1. Logam

Virus Corona dapat bertahan pada logam selama 4 hari. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan diri menghidari kontak dengan logam yang kemungkinan terkontaminasi massal.

Sebagai peringatan, setelah memegang benda-benda mati di atas, di tempat umum, jangan menyentuh mulut, hidung atau mata Anda. Sebab melalui benda-benda tersebut dapat menyimpan covid-19 dalam waktu lama.

Demi mecegah terpapar virus, cucilah tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir atau pakailah hand sanitizer jika tidak ada air.

KLIK INI:  Tanam Kelor, Lebih Bagus Biji atau Batangnya?
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!