Begini Pesan Menteri Siti pada CPNS Lingkup KLHK Formasi Tahun 2019!

oleh -113 kali dilihat
Begini Pesan Menteri Siti pada CPNS Lingkup KLHK Formasi Tahun 2019
Menteri LHK, Siti Nurbaya-Foto/Ist

Klikhijau.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar pembekalan bagi 616 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019, secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Acara penyambutan sekaligus pembekalan ini mengetengahkan pembahasan materi mendasar sebagai PNS/ASN antara lain: prinsip-prinsip public life, birokrasi PNS, wawasan kebangsaan, serta menanamkan rasa disiplin, tanggungjawab dan integritas.

Para ASN yang lulus ini diharapkan memiliki integritas, etos kerja, dan jiwa gotong-royong, serta siap menjadi kader pemimpin berkualitas di masa depan.

Dalam briefingnya di hadapan CPNS, Menteri Siti Nurbaya menegaskan bahwa menjadi ASN saat ini telah menjadi suatu kebanggaan, terlebih pemerintah terus memperbaiki sistem kepegawaian juga kesejahteraannya.

“Jadi artinya berbanggalah, karena saya percaya Anda semua telah bertarung dengan kuat untuk menjadi PNS. Saya juga percaya bahwa KLHK ini adalah pilihan, bukan dari ketidaksengajaan masuk. Saya yakin, KLHK adalah yang dituju dan dipilih, dan anda terpilih,” katanya.

Menteri Siti berpesan kepada seluruh CPNS KLHK bahwa ketika telah masuk menjadi PNS, berarti mereka berada dalam barisan pelayanan publik.

KLIK INI:  Staf Khusus Menteri LHK Menyapa Warga Mallawa
Prinsip dasar menjadi ASN

Sebagai pelayan publik, ada aturan dan cara kerjanya, serta prinsip-prinsip bagaimana PNS berada di tengah publik, yang disebut public life principles. Karenanya, dalam public life itu tidak  ada urusan  pribadi.

“Setelah menjadi CPNS Anda tidak bisa seenaknya menulis apa saja, di medsos misalnya, dengan alasan demokrasi. Harus diingat bahwa hak demokrasi yang bicara semaunya dalam hal itu sudah tidak bisa dipakai lagi karena  dengan anda memilih memasuki organisasi kepegawaian/PNS, maka sebagian dari hak demokrasi  tersebut sudah Anda serahkan kepada organisasi, sesuai UU dan PP,” jelas Siti.

Karena itu, lanjut Siti, tidak bisa seenaknya lagi bagi PNS dalam melangkah atau berbuat kecuali yang diatur menurut ketentuan.

“Kalau tidak mau lakukan ketentuan-ketentuan itu, anda bisa meninjau ulang pilihan anda sebagai PNS/CPNS sekarang,” demikian tandas Siti Nurbaya.

Beberapa prinsip penting menjadi ASN/PNS juga ditekankan oleh Menteri Siti. Pertama, selflessness artinya tidak ada urusan pribadi di kantor. Yang kedua yaitu obyektif atau terbuka. Ketiga integritas, artinya apa yang dilakukan berdasarkan yang dipahami, menurut ketentuan, jadi bukan atas dasar dipengaruhi untuk keuntungan pribadi.

KLIK INI:  Klik Ini, Pesan Siti Nurbaya Bagi Perempuan Pelestari Lingkungan

Poin penting lainnya yakni mengenai akuntabilitas, atau tanggung gugat. Artinya semua langkah, kebijakan atau keputusan yang diambil itu bisa dijelaskan mengapa tersebut dilakukan  ketika publik bertanya.

“Ini ingin saya tekankan, supaya kita mempunyai generasi muda yang hebat, yang dimulai dari KLHK, dari CPNS kita ini. Tolong diingat-ingat betul prinsip-prinsip public life itu, karena anda sekarang ada di dalam unsur pelayanan publik,” ujar Menteri Siti.

Pesan tentang fungsi seorang PNS

Menteri Siti juga menjelaskan fungsi seorang PNS sebagai birokrat. Diantaranya dalam hal konteks menjalankan fungsi policy advice, artikulasi kebijakan kepentingan, dan menjaga stabilitas pemerintahan.

Ciri lain birokrasi secara umum juga selflessness, adanya chain of command (rantai komando). Secara kelembagaan juga ada sistem merit, dimana penilaian secara obyektif akan diberikan pada ASN. Kompetensi dan kinerja merupakan indikator utama dalam prestasi kerja, kenaikan pangkat, hingga penempatan jabatan.

KLIK INI:  KLHK Tahan Tersangka Peredaran Kayu Ilegal di Kotawaringin Barat

Menteri Siti juga menerangkan fungsi PNS dari sisi landasan idiil konstitusional dan hukum. Berdasarkan UU 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pada Pasal 3, ditegaskan bahwa nilai dasar ASN yaitu memegang teguh ideologi pancasila, setia dan mempertahankan UUD 1945, serta pemerintahan yang sah. Kemudian, dalam Pasal 11 dan 12, disampaikan bahwa fungsi ASN itu sebagai perekat dan pemersatu bangsa, serta mendapat tugas untuk mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

“Saya ingin menekankan hal ini kepada kita semua, bukan hanya CPNS, terutama di pelosok tanah air dimana salah satu tugasnya untuk menjaga stabilitas pemerintahan,” ujarnya.

Menteri Siti juga menegaskan mengenai tugas pokok KLHK dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. KLHK adalah institusi yang membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. KLHK juga bertanggung jawab untuk meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup, serta mengelola dan melestarikan seluruh kawasan hutan dan lingkungan di Indonesia.

“Jadi coba kita dalami, selami dan hayati bahwa tugas KLHK ini semuanya berkaitan dengan tujuan negara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan kita juga ikut melaksanakan ketertiban dunia,” katanya.

KLIK INI:  Dana Desa Bisa Digunakan untuk Program Penurunan Emisi, Begini Caranya

Dengan ruang lingkup yang begitu luas dan kompleks, dalam mengelolanya dan menjalankannya, dibutuhkan respons yang cepat dan tanggap terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat setiap waktu.

Karenanya, dalam beberapa momentum Presiden Joko Widodo kerap menegaskan perihal perubahan cara kerja.

Pandemi COVID-19 membuat aktivitas kerja harus berubah dari channel normal ke channel ekstra normal. Dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart shortcut yang cerdas dan sigap. Semuanya harus memanfaatkan teknologi berbasis digital.

Selama pandemi, sebagian besar ASN harus bekerja dari rumah (work from home), mempercepat transformasi digital. Para birokrasi diharapkan lebih adaptif, lebih inovatif dan melek teknologi.

Meski demikian, Menteri Siti berharap agar para ASN bersikap bijak di media sosial dengan mengetengahkan hal-hal baik dan bermanfaat bagi khalayak.

Selamat bekerja para ASN muda!

KLIK INI:  KLHK Libatkan Masyarakat dalam Penanganan Karhutla