Pemkot Kendari Komitmen Menggalakkan Pembangunan Berbasis Lingkungan

oleh -112 kali dilihat
Walikota Kendari, Sulkarnain
Walikota Kendari, Sulkarnain/foto-Antara-Suparman
Irhyl R Makkatutu

Sultra, Klikhijau.com –  Harus diakui bahwa menjaga lingkungan tidak  mungkin bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, masyarakat harus terlibat didalamnya jika ingin melihat lingkungan di sekitarnya baik, khususnya dalam hal kebersihan.

Hal ini rupanya disadari oleh Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulkarnain seperti yang diberitakan antaranews.com, Senin, 25 Februari 2019 lalu. Ia  mengajak masyarakatnya agar memiliki semangat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan berharap agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga lingkungan di Kota Kendari agar tetap bersih.

“Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyelenggarakan kerja bakti, untuk kemudian bersama membersihkan lingkungan sekitar,” ucap Sulkarnain, saat menghadiri acara Rembug Kampung di Pantai Nambo.

Acara tersebut juga dihadiri Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kesehatan, Dinas PU, BAPPEDA Kota Kendari, dan Dinas Pariwisata Kendari.

KLI INI: Agus Cemas, Bibir Pantai Pasangkayu Bergeser 2,5 Kilometer

Sulkarnain mengungkapkan bahwa  proses pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini tidak terlepas dari kesesuaian aspek lingkungan dan aspek ekologi.

“Untuk memastikan bahwa proses pembangunan kita dapat memberikan aspek lingkungan, aspek ekologi maka harus melibatkan berbagai unsur,” katanya.

Berbagai unsur yang dimaksud Sulkarnain, salah satunya adalah keterlibatan  masyarakat agar bisa ikut bersama mengawasi berbagai proses pembangunan yang sedangh dilakukan Pemkot Kendari  agar senantiasa tidak merusak aspek lingkungan dan akosistem yang ada.

KLI INI: Abrasi Sungai Jeneberang Mulai Cemaskan Warga Parangtambung

“Kami juga mengharapkan kepada masyarakat agar ikut membantu Pemerintah mengawasi berbagai proses pembangunan yang kiranya dianggap berdampak kepada lingkungan kita,” katanya.

Sepertinya pembangunan yang digalakkan pemerintah Kendari berpihak pada lingkungan, dan untuk menjaga agar pembangunan tetap dijalurnya, yakni tidak merusak lingkungan seperti yang diungkapkan olehnya, maka melibatkan masyarakat dalam pengawasan tentu sebuah langkah bijak (ir)