Peduli, Warga di Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar Bentuk Bank Sampah

oleh -53 kali dilihat
Peduli, Warga di Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar Bentuk Bank Sampah
Kemeriahan warga saat deklarasi Bank Sampah Unit Bragi Indah di Kelurahan Sudiang Raya - Foto: Ist

Klikhijau.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap penanganan sampah, warga di Kelurahan Sudiang raya Kota Makassar mendeklarasikan pembentukan Bank Sampah. Namanya Bank Sampah Unit Bragi Indah.

Bank Sampah merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang lebih baik dan terbebas dari timbulan sampah limbah rumah tangga warga serta mengoptimalkan peran serta warga dalam pengelolaan sampah.

Deklarasi berlangsung meriah pada Sabtu (10/12/2022) berlokasi di Jalan Poros Batara Ugi RT 03 RW 08 Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Mewakili Lurah Sudiang Raya, Kasi Ekbang Kelurahan Sudiang Raya Artina membuka kegiatan acara sekaligus meresmikan Bank Sampah Unit Bragi Indah dan disambut antusias warga.

KLIK INI:  Ibu Atma, Perempuan yang Mencintai Sampah

Dalam kesempatan ini Artina berpesan kepada seluruh RT/RW yang ada di Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya bisa termotivasi untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Baru pertama kali ini kami meresmikan Bank Sampah yang ada di wilayah Kelurahan Sudiang Raya. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan seperti ini RW lain bisa termotivasi, apalagi ditiap RW SK bank sampah keseluruhan sudah terbit, ” ucap Artina.

“Kepada pengurus bisa bekerja dengan ikhlas, peduli dengan rekan dan lingkungan, dan senantiasa berkarya dengan niat tulus untuk ibadah,” tambahnya.

Motivator Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Sulaeman mengungkapkan bahwa salah satu indikator penilaian kinerja RTRW adalah Bank Sampah.

KLIK INI:  Klikhijau Edukasi Warga Kelurahan Sambung Jawa Daur Ulang Jelantah

“Dengan adanya bank sampah sudah termasuk penilaian RW terbaik karena merupakan salah satu indikator dari program Bapak Walikota Makassar, karena tidak semua RW di Kota Makassar memiliki bank sampah, baru kali ini di Kelurahan Sudiang Raya mempunyai bank sampah terbanyak,” ucap Sulaeman.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pula penyerahan SK dan buku bank sampah sekaligus melakukan penimbangan sampah perdana yang di lakukan Ketua pj RW 08 dan disusul para Ketua pj. RT RW 08.

Kegiatan peresmian Bank Sampah unit Bragi Indah dihadiri Ketua pj RW dan RT, Perwakilan LPM, Tokok Masyarakat serta para pengurus Bank Sampah.

Selamat berproses para pegiat bank sampah di Sudiang menangani timbulan sampah warga!

KLIK INI:  Kisah Bahrul Huda, Sulap Bambu jadi Tambler Keren dan Lukisan Pyrography