Minum Kopi 3 Gelas Dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah?

oleh -708 kali dilihat
Minum Kopi 3 Gelas Dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah?
Kopi hitam/Foto-IK Media

Klikhijau.com – Penilaian berdasarkan persepsi tentang minum kopi paling sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Tentu saja karena kafein yang terkandung di dalamnya.

Beberapa penelitian menemukan jika terlalu banyak minum kopi bisa memengaruhi kerja jantung atau sakit kepala. Bukan hanya itu, kopi ternyata ada berkaitan dengan penurunan berat badan.

Bagaimana keterkaitan antara kopi dengan penurunan berat badan? Simak penjelasan yang di tulis oleh reporter Jawapos.com, Marieska Harya Virdhani.

Jawapos.com melansir dari Men’s Health, penulis Bob Arnot, M.D, dalam bukunya ‘The Coffee Lover’s Diet’ (The Coffee Lover’s Bible) menulis manfaat dan sisi lain dari kopi.

KLIK INI:  Tentang Kafein dan Membuat Kopi Tanpa Kafein

Dalam buku itu tertulis bahwa minum tiga cangkir kopi sehari, tak hanya mencegah penyakit, tetapi juga membantu membakar lemak.

Konsumsi kopi sebanyak ini akan meningkatkan metabolisme dan fungsi kardiovaskular, seraya memacu penurunan berat badan. Begitulah kata Arnot yang juga seorang dokter penyakit dalam.

Selain minum 3 cangkir kopi hitam sehari, asupan kalori juga harus dibatasi maksimal 1.500 per hari. Idealnya, kalori tersebut harus berasal dari protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak buah dan sayuran.

Imbangi dengan olahraga

Banyak penelitian menunjukkan, 3 cangkir kopi setiap hari bisa memberi manfaat kesehatan. Hanya saja yang harus diingat, yang terbaik adalah kopi hitam. Tanpa krim dan tanpa gula.

KLIK INI:  Amankah Bagi Wanita Hamil Minum Kopi?

Tidak ada mocha latte macchiato dengan marshmallow atau camilan. Bukan pula kopi instan botolan.

Ini bukan berarti hanya sekedar minum kopi saja tanpa bergerak. Hal tersebut bisa efektif jika diimbangi dengan olahraga.

Dan ingat, jangan berharap itu semua akan berhasil secara instan, membakar lemak dalam waktu cepat.

Selain menurunkan berat badan, kopi hitam yang diseduh penuh dengan antioksidan dapat meningkatkan kewaspadaan.

Bahkan, kopi hitam dapat mencegah batu ginjal, meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati, dan menghambat peradangan gusi.

KLIK INI:  Cita Rasa Kopi Bisa Dipengaruhi oleh Jenis Gelas yang Dipakai