Komitmen Multipihak Dorong Penanganan Sampah di Kelurahan Sambung Jawa

oleh -29 kali dilihat
Komitmen Multipihak Dorong Penanganan Sampah di Kelurahan Sambung Jawa
Ibu rumah tangga di Sambung Jawa saat menghadiri Rapat mengenai penguatan TPST Sambung Jawa - Foto: Ist

Klikhijau.com – Komitmen kuat untuk jalan bersama berbagi peran semakin tampak pada upaya penanganan sampah berbasis warga di Kelurahan Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Sejauh ini, pelibatan multipihak telah tercipta dengan baik antara lain Pemerintah Kecamatan, Lurah, RT/RW, tokoh masyarakat maupun pihak pendamping dalam hal ini Yayasan Econatural, Klikhijau dan komunitas Genre.

Dukungan dari pihak swasta seperti Kalla dan Bumikarsa juga menandai satu model kolaborasi berkelanjutan. Skema ini diharapkan dapat menjadi contoh ke depan dalam penanganan sampah berbasis warga melalui penguatan peran TPST 3R yang ada di tingkat kelurahan.

Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Mamajang Kota Makassar, Jamaluddin mengatakan kolaborasi ini sangat penting dan positif untuk semua pihak baik dari pemerintah, masyarakat maupun seluruh stakeholder yang terlibat dalam inisiatif penanganan sampah di Sambung Jawa.

KLIK INI:  Makassar, Kota yang Dikepung DAS Bermasalah

Karenanya, Jamaluddin juga mengapresiasi para motivator dan pendamping yang terlibat dalam kolaborasi ini.

“Kita ketahui, saat sekarang persoalan sampah sangatlah urgen dan butuh penanganan serius serta semua pihak harus terlibat mulai dari hulu hingga hilir, mulai dari sumber sampah hingga pengurangan maupun penanganan sampah itu sendiri,” kata Jamal yang diwawancarai Klikhijau, (28/12/2022).

Jamal menambahkan, pihak kecamatan ikut serta memberi dukungan dalam kolaborasi ini. Antara lain dengan mencoba membangun networking dan membagi peran masing-masing,

“Siapa yang mengerjakan apa lalu bertanggung jawab pada peran tersebut. Misalnya dibutuhkan sebuah payung hukum didalam mengelola TPST ataupun bank sampah dalam bentuk Surat Keputusan pengurus maka kami fasilitasi hal tersebut,” katanya.

Jamaluddin berharap, kolaborasi ini terus berjalan dan berkesinambungan.

KLIK INI:  Pramuka dan Rimbawan Makassar Tanam Mangrove di Dermaga Lantebung

“Harapan kami bahwa Kolaborasi ini jangan pernah redup apalagi sampai padam karena kolaborasi ini adalah tugas mulia yang konsekuensinya amal jariah. Dimana manfaatnya InsyaAllah bukan hanya di dunia tapi kelak kita akan petik diakhirat, yaa dengan syarat niatnya Lillahi Taala,” tuturnya.

Harapan sama disampaikan Sari, perwakilan dari Komunitas Genre. Ia berharap, inisiatif di Sambung Jawa dapat mendorong terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman untuk masyarakat, meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan.

Sari juga mengapresiasi semangat dan partisipasi warga di Sambung Jawa yang dinilai sangat baik.

“Semangat yang ada pada masyarakat Kelurahan Sambungjawa sangat luar biasa. Semangat untuk membangun daerahnya sangat terasa menurut saya. Salah satu perubahan yang bisa kita saksikan adalah adanya tempat pemberdayaan magot untuk masyarakat yang semuanya dibangun secara gotong royong oleh masyarakat dan komunitas yang tergabung,” pungkasnya.

KLIK INI:  Ide Pembentukan Bank Eco Enzyme Diapresiasi Multi Pihak di Makassar