Bolehkah Tidur Setelah Sahur? Klik Ini dan Temukan Jawabannya!

oleh -458 kali dilihat
Bolehkah Tidur Setelah Sahur? Klik Ini dan Temukan Jawabannya!

Klikhijau.com – Hal yang paling sulit dihindari setelah makan sahur di bulan suci ramadhan adalah kantuk. Normal saja sebenarnya, tubuh kita memang selalu mau tidur bila kampung tengah sudah terisi.

Nah, banyak yang bertanya-tanya apakah boleh tidur setelah sahur. Pertanyaan seputar ini sering muncul mengingat banyaknya pendapat pakar tentang dampak negatif dari tidur di waktu itu.

Dikutip dari DokterSehat.com, tidur setelah sahur boleh saja asal memperhatikan jarak waktu. Pertimbangan waktu tidur juga jadi alasan. Waktu tidur yang cukup akan mendukung metabolisme tubuh secara keseluruhan, baik fungsi organ dan sistem tubuh, hingga pencernaan berjalan dengan maksimal.

Walau begitu, tidur setelahnya sebaiknya Anda lakukan setelah 2-3 jam setelah makan sahur. Hal ini penting karena pada jam tersebut tubuh masih mencerna makanan yang baru masuk dalam tubuh.

KLIK INI:  Mau Daya Tahan Tubuh Tetap Oke Saat Puasa? Begini Tips Alaminya!

Untuk itu, memberi jeda waktu 2 jam setelah makan sahur sebelum tidur akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan lancarnya metabolisme tubuh.

Pendapat serupa dikatakan dr Inge Permadi, MS, SpGK (dikutip Kompas.com,18 Mei 2018). Menurut Inge, tidur setelah santap sahur tidak dilarang. Boleh-boleh saja!

Meski begitu, memberi jarak antara selesai makan dengan tidur juga perlu diperhatikan. “Ketika makanan masuk ke dalam tubuh kita, berarti tubuh kita sedang aktif,” ujarnya.

Menurut Inge, makanan yang ditumpuk baru akan dipergunakan saat kita beraktivitas. Inilah pentingnya jarak antara selesai makan dengan waktu tidur.

KLIK INI:  Puasa Tetap Lancar Walau Diabetes, Ini Syaratnya!
Kata kuncinya adalah memberi jarak antara sahur dan waktu tidur.

Tanggapan serupa juga dijelaskan oleh dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK (Kompas.com), menururnya tidur setelah sahur tidak masalah. Tapi tidak disarankan habis sahur langsung tidur. “Paling tidak sekitar setengah jam atau habis subuh,” imbuhnya.

Dengan kata lain, menurut Dian, memberi jarak antara makan dengan tidur diperlukan. Oleh sebab itu, agar tidak langsung tidur, kita bisa melakukan banyak aktivitas agar tubuh bergerak.

Selain beribadah, kita juga bisa berolahraga atau membaca buku. Ini penting agar tubuh tetap bermetabolisme dengan baik tanpa harus mengeluarkan banyak energi.

Jika ingin melakukan olahraga, maka pertimbangkan dengan baik jenis dan durasi olahraga apa yang sebaiknya Anda lakukan pada pagi hari. Menentukan olahraga setelah sahur tidak boleh asal agar tidak menimbulkan dehidrasi berlebihan, ya.

Selain itu, pastikan asupan makanan bergizi saat sahur agar puasa lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa!

KLIK INI:  Ramadan, Masakan Ibu, dan Sebuah Rahasia Tetap Segar Saat Berpuasa, Klik Ini!