Benarkah Minum Kopi dapat Memperpanjang Hidup?
Klikhijau.com – Semakin ke sini, bukan hanya tempat minum kopi yang menjamur, tapi juga manfaat minum kopi ditemukan semakin beragam. Kopi tidak lagi sekadar sebagai minum favorit, lebih dari itu,...
Klikhijau.com – Semakin ke sini, bukan hanya tempat minum kopi yang menjamur, tapi juga manfaat minum kopi ditemukan semakin beragam.
Kopi tidak lagi sekadar sebagai minum favorit, lebih dari itu, kopi telah jadi minuman kesehatan. Menyeruput kopi kini telah dikaitkan dengan kesehatan.
Telah banyak temuan penelitian yang menunjukkan jika kopi baik baik kesehatan manusia. Bukti ilmiah terbaru tentang kopi datang dari sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Cardiology
Studi itu menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat memperpanjang hidup seseorang. Temuan penelitian tersebut berlaku untuk kopi instan, bubuk, dan tanpa kafein.
[irp]
"Dalam studi observasional besar ini, kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein dikaitkan dengan pengurangan setara dalam kejadian penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab apa pun," kata rekan penulis studi, Profesor Peter Kistler dari Baker Heart and Diabetes Research. Institut, Melbourne, Australia.
“Hasilnya menunjukkan bahwa asupan kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein ringan hingga sedang harus dianggap sebagai bagian dari gaya hidup sehat,” tambahnya.
Para peneliti menggunakan data dari Biobank Inggris untuk menyelidiki hubungan antara kopi dan aritmia, penyakit kardiovaskular dan kematian pada 449.563 orang antara usia 40 dan 69 tahun. Usia rata-rata peserta penelitian adalah 58, dengan 55,3 persen adalah perempuan.
[irp]