Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Sebelum Tidur Malam

oleh -717 kali dilihat
Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Sebelum Tidur Malam
Ilustrasi makan dan minum sebelum tidur/Foto-hellosehat

Klikhijau.com – Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit, Anda membutuhkan tidur yang nyenyak. Untuk memperoleh tidur yang nyenyak, makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur jadi salah satu penentunya.

Faktor tersebut dapat mengganggu kualitas tidur malam seseorang, sehingga Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Dikutip dari Idntimes, beberapa orang gagal mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini disebabkan karena mereka tidak memperhatikan minuman dan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur.

Terkadang, makan atau minum sebelum tidur bisa membantu tidur lebih nyenyak. Namun jika merasa lapar di malam hari, pastikan Anda tahu sehat dan tidaknya makanan yang dikonsumsi. Hal ini bisa meningkatkan kualitas tidur secara signifikan.

KLIK INI:  Sakit Perut? Ini Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Menurut Ahli

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi sebelum tidur malam.

# Makanan pedas

Makan makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga mengganggu tidur Anda. Hal ini disebabkan oleh capcaisin, bahan aktif dalam cabai yang dapat mempengaruhi tidur melalui perubahan suhu tubuh.

Makanan pedas membantu meningkatkan metabolisme, aliran darah, dan suhu tubuh. Tapi makanan ini jangan dikonsumsi sebelum tidur.

Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur bisa menyebabkan perut iritasi dan menyebabkan sakit perut. Hal ini bisa menganggu tidur Anda menjadi tidak nyenyak.

# Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti burger, es krim, atau makanan cepat saji lainnya dapat menghasilkan asam dalam lambung.

Bahkan, kandungan lemak stratosfer pada makanan cepat saji dapat menstimulasi produksi asam lambung di perut.

Hal ini dapat menyebabkan mulas dan dapat mengganggu tidur Anda.

# Daging merah

Daging merah adalah daging yang berasal dari hewan ternak, seperti daging sapi, kambing, kerbau, domba, babi, dan kuda. Daging merah merupakan sumber protein bagi tubuh kita.

Tetapi seperti lemak, protein juga membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dicerna oleh tubuh.

Jadi sebaiknya jangan mengonsumsi daging merah sebelum tidur agar pencernaan bisa beristirahat saat Anda tidur.

# Gorengan

Meskipun enak dan jadi makanan favorit banyak orang, gorengan sebaiknya jangan dikonsumsi sebelum tidur. Gorengan memiliki kandungan lemak yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Jika makan gorengan atau makanan berlemak lainnya sebelum tidur, pencernaan akan bekerja di waktu seharusnya ia beristirahat.

# Sereal

Sebagian orang ada yang gemar mengonsumsi sereal sebagai camilan atau makanan tambahan sebelum tidur. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi sereal yang mengandung gula tinggi.

Jika ingin mengonsumsi sereal sebelum tidur, pilihlah sereal rendah gula dan tinggi serat. Sereal dengan kandungan gula tinggi bisa meningkatkan gula dalam darah.

Sereal juga membuat hormon yang membuat mengantuk jadi menurun sehingga Anda jadi berenergi dan tidak mengantuk.

KLIK INI:  Sebaiknya Jangan Lakukan Ini jika Perut Kosong, Berbahaya!
# Pizza

Pizza memang lezat, namun sebaiknya tidak dikonsumsi belum tidur. Pizza memiliki lapisan saus tomat yang asam sehingga dapat sebabkan sakit perut saat tidur.

Jika Anda makan pizza setelah makan malam, akan ada banyak kalori tambahan yang berlebihan di tubuh.

# Ayam

Ayam atau jenis protein lain akan menjadi kontraproduktif jika dikonsumsi di malam hari. Makan ayam sebelum tidur akan membuat pencernaan berjalan lebih lambat.

Jadi, waktu yang seharusnya Anda gunakan tidur justru akan digunakan untuk mencerna makanan tersebut.

# Kopi

Mitos bahwa kopi kurang baik dikonsumsi sebelum tidur ternyata benar adanya. Tapi, minum kopi ternyata tidak hanya perlu dilakukan sebelum tidur saja.

Kopi yang diminum siang hari ternyata masih bisa menimbulkan efek sesaat sebelum tidur. Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa mengendap dalam tubuh.

Untuk itu, konsumsi kopi sebaiknya dilakukan berjam-jam sebelum tidur di malam hari.

# Dark chocolate

Cokelat hitam ternyata mengandung kadar kafein yang cukup tinggi dan theobromine yang bisa membuat Anda tetap terjaga. Apalagi jika Anda sensitif terhadap kafein.

Olahan dark chocolate dalam bentuk minuman juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Baiknya, dark chocolate dikonsumsi pada siang hari. Kandungan energi yang berlipat ganda membuat Anda tidak mudah lapar di siang hari.

# Soda

Soda merupakan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Ini karena soda mengandung gula yang tinggi dan mengandung kafein.

Minum soda sebelum tidur bisa menyebabkan tidur tidak nyenyak.

# Jus jeruk

Minum jus jeruk di siang hari yang terik sangat menyegarkan. Efek berbeda dari minuman ini akan Anda rasakan jika minum di malam hari.

Jus jeruk ternyata bukanlah jenis minuman yang tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan asam dan gula di dalamnya membuat kita susah untuk terlelap.

KLIK INI:  Kacang-Kacangan, Makanan Berkalori Tinggi Penurun Berat Badan