5 Jenis Penyakit pada Tanaman Hias dan Cara Mengendalikannya

oleh -60 kali dilihat
5 Jenis Penyakit pada Tanaman Hias dan Cara Mengendalikannya
Tanaman hias dalam ruangan-foto/Pixabay

Klikhijau.com Tanaman hias dengan segala keindahannya memerlukan perawatan khusus. Selain memenuhi nutrisi pada media tanamnya, serangan hama dan penyakit tak jarang menjadi bebuyutan para pencinta tanaman.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami apa saja hama atau penyakit yang kadang menyerang tanaman dan bagaimana mengendalikannya. Artikel ini akan membahas mengenai jenis penyakit pada tanaman hias dan cara mengatasinya.

Penasaran, apa saja jenis penyakit yang perlu dikenali, bagaimana pola serangannya pada tanaman? Berikut penjelasannya plus cara mengendalikannya:

  • Busuk batang hitam

Penyakit satu ini akan menyerang pada bagian pangkal batang yang akan menyebar ke atas dank e bawah hingga  batang yang ada di dalam media tanam. Penyakit busuk batang hitam umumnya menyerang tanaman geranium (Pelargonium sp.).

Demi memproteksi tanaman agar tidak diserang penyakit busuk batang hitam, media tanam harus selalu dibiarkan tetap lembap dengan penyiraman yang cukup. Selain itu, setek batang tanaman baru hendaknya diberi hormone tumbuh yang dilengkapi fungisida.

KLIK INI:  Rosemary, Tanaman Herbal Aromaterapi dengan 8 Manfaat Mengejutkan!
  • Busuk abu-abu

Penyakit busuk abu-abu biasa pula disebut dengan “botrytis”. Penyakit ini umumnya tumbuh pada dedaun dan  bunga yang gugur. Penyakit ini menyerang semua bagian tanaman. Bila penyakit ini mendera, dampaknya cukup serius yakni tanaman akan terlihat kurang menarik bahkan tampak membusuk.

Bila penyakit busuk abu-abu mendera tanaman hias, dapat diatasi  dengan mengambil bagian daun yang terserang. Siram tanaman secara rutin dan semprotlah dengan fungisida dengan memakai mist sprayer.

  • Embun jelaga

Penyakit embun jelaga umumnya menyerang tanaman jenis jeruk. Meski tidak menyerang langsung tanaman, serangan embun jelaga dapat berdampak negatif pada penampilan tanaman  hias serta menghambat fotosintesis.

Agar tidak mengganggu tanaman hias kesayangan, penyakit satu ini dapat dikendalikan dengan rutin membersihkan tanaman. Sementara daun yang terserang sebaiknya dicuci dengan bahan sabun atau deterjen.

  • Busuk daun

Penyakit busuk daun muncul dengan bercak putih bertepung pada dedaun, batang serta bunga pada tanaman berdaun lembut dan batang sukulen. Akibat serangan busuk daun, tanaman hias akan gugur daunnya.

Untuk mengendalikan penyakit satu ini, semua bagian daun yang terserang harus dibuang, sedangkan daun sehat yang tersisa harus segera disemprot dengan fungisida.

  • Busuk batang

Penyakit busuk batang yang menyerang tanaman hias akan membuat batang tanaman menjadi lemah dan berlendir karena busuk. Penyakit ini kerap menyerang tanaman dengan batang yang bersukulen seperti Impatiens dan African violets.

Serangan penyakit busuk batang kerapkali fatal, namun demi menghindari dampak terparah, bagian yang belum terkontaminasi dapat diberi sulfur.

*Sumber: Buku “Tanaman Hias Tampil Prima” karya Hadi Susilo Arifin. Swadaya. 2004.

KLIK INI:  Simak Seksama Waktu Tepat Menyiram 7 Tanaman Hias Idaman Ini!