Pilih Apa Aksimu untuk Bumi Tercinta di Hari Lingkungan Hidup?

oleh -222 kali dilihat
Pilih Apa Aksimu untuk Bumi Tercinta di Hari Lingkungan Hidup?
Ilustrasi - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Hari Lingkungan Hidup Internasional diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Momen ini dijadikan ruang kontemplasi bagi manusia untuk melihat kembali bagaimana bumi dan bagaimana peran kita dalam memulihkan kelestariannya.

Oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dijadikan pemantik pada negara-negara di dunia untuk meningkatkan kesadaran, perhatian dan tindakan politik yang berkontribusi pada keberlanjutan.

Momen ini dipandang pula sebagai kesempatan pada semua orang untuk mengambil bagian dalam menyuarakan upaya proteksi pada bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan penerapan gaya hidup ramah lingkungan.

Sahabat hijau, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Lingkungan Hidup, antara lain ikut serta kampanyekan aspirasi global mengenai pemulihan bumi atau melakukan aksi tertentu.

Nah, bila masih bingung juga, berikut beberapa aksi lingkungan yang bisa kamu lakukan di momen hari Lingkungan 5 Juni tahun 2022 ini:

KLIK INI:  Siti Minta Pemerintah Daerah Bergerak Cepat Atasi Masalah Lingkungan
  • Menanam pohon khas lokal

Tanpa disadari kita kehilangan ragam jenis tanaman khas lokal. Seiring waktu, semua tergantikan oleh pohon-pohon baru yang sebagian bukan khas lokal. Hal ini kemudian mengancam keanekaragaman hayati kita.

Karenanya, di momen Hari Lingkungan Hidup Internasional ini, kamu bisa menunjukkan aksi cinta bumi dengan menanam pohon khas lokal.

  • Memulai kebiasaan jalan kaki atau bersepeda

Dalam beraktivitas dan bekerja, kita memang telah terbiasa menggunakan kendaraan yang melepas polusi dan emisi ke udara. Tanpa disadari kebiasaan ini ikut andil dalam kerusakan di lapisan ozon serta menimbulkan polusi di bumi.

Karena itu, kebiasaan jalan kaki atau bersepeda perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan kendaraan bermesin. Nah, di momen Hari Lingkungan Hidup ini kamu bisa menunjukkan aksi cinta bumi dengan berjalan kaki atau bersepeda.

  • Membuat kompos

Membuat kompos adalah cara terbaik memanfaatkan sisa buangan organik yang ada di sekitar kita. Selain itu, pengomposan akan menciptakan tanah yang kaya nutrisi secara alami sehingga dapat memotong ketergantungan kita pada pupuk kimiawi.

Kamu bisa menunjukkan aksi kerenmu dengan membuat kompos. Bagaimana caranya? Ada ragam tutorial yang tersedia di internet yang dapat kamu pelajari dan mempraktikkannya di lapangan.

KLIK INI:  Ini 7 Masalah Lingkungan Hidup yang Sering Terjadi di Sekitar Kita!
  • Daur ulang

Di tengah harimu yang sibuk tentu tidak ada jedah untuk menjalani aktivitas daur ulang. Padahal penggunaan sampah anorganik terbilang cukup besar setiap harinya. Aktivititas daur ulang akan berkontribusi terhadap upaya meminimalkan buangan sampah plastik ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Jadi, tunjukkan aksimu sebagai seorang yang peduli lingkungan dengan melakukan aktivitas daur ulang. Manfaatkan sisa-sisa sampah yang ada di rumah dan kreasilah menjadi produk-produk yang bermanfaat. Ayo, kamu bisa!

  • Pasang foto twibbon

Untuk meramaikan momen Hari Lingkungan Hidup, kamu juga bisa ambil bagian dengan memasang foto twibbon di sosial media.

Berikut ini link twibbon yang kamu bisa unduh di bawah ini:

Twibbon 1 

– Twibbon 2 

– Twibbon 3

Twibbon 4 

– Twibbon 5

KLIK INI:  P3E Suma Gelar Rakor Pembangunan Ekoregion, Ini 6 Poin Pentingnya!