22 Mei, Hari Keanekaragaman Hayati Dunia, Sejarah dan Link Twibbon

oleh -197 kali dilihat
22 Mei, Hari Keanekaragaman Hayati Dunia, Sejarah dan Link Twibbon
Link Twibbon hari Kehati Dunia 2023 - Foto: Ist

Klikhijau.com – Setiap tanggal 22 Mei diperingati sebagai momen Hari Keanekaragaman Hayati Dunia. Momen ini sangat krusial di tengah ancaman keanekaragaman hayati yang terus meningkat karena deforestasi, kebakaran hutan, infrastruktur dan konflik satwa dan manusia.

Dilansir dari laman resmi Program Lingkungan PBB atau UN Environment Programme, peringatan Hari Keanekaragaman Hayati 2023 mengambil tema “From Agreement to Action: Build Back Biodiversity” yang artinya “Dari Persetujuan ke Tindakan: Bangun Kembali Keanekaragaman Hayati.”

Momen peringatan tahun ini menjadi semangat baru secara global dengan diadopsinya Kerangka Kerja Keanekaragaman Hayati Global Kunming-Montreal pada Konferensi Para Pihak ke-15 Konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati (COP 15).

Pasca kerangka kerja tersebut, fokus akan beralih ke implementasinya (tindakan). Selain tema, logo Hari Keanekaragaman Hayati 2023 juga resmi disiarkan dan dapat diunduh di sini.

KLIK INI:  Kehati AWARD 2020 Diberikan pada 6 Pejuang Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Sejarah

Momen hari keanekaragaman hayati internasional merupakan satu jejak historis oleh PBB yang mencoba menyuarakan pentingnya pengetahuan dan upaya pelestarian keanekaragaman hayati di seluruh penjuru dunia.

Saat dicanangkan pertama kali pada 1993, PBB menetapkan hari keanekaragaman hayati jatuh pada 29 Desember, bertepatan dengan tanggal berlakunya Konvensi Keanekaragaman Hayati.

Namun, banyak negara kesulitan untuk mengadakan perayaan yang layak untuk memperingati hari keanekaragaman di tanggal 29 Desember mengingat banyaknya hari momentum perayaan dan libur menjelang akhir tahun.

Dengan berbagai pertimbangan, pada Desember 2000, PBB menetapkan 22 Mei sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Dunia. Salah satu pertimbangannya adalah pada 22 Mei saat itu bertepatan dengan diadopsinya kesepakatan Nairobi Final Act of the Conference for the Adoption of the Agreed Text of the Convention on Biological Diversity yang disusun pada 22 Mei 1992.

Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 dapat digunakan saat peringatannya tanggal 22 Mei. Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 juga bisa kamu unggah di media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook

KLIK INI:  Kesehatan Lebah Dipengaruhi Kualitas Habitat dan Keanekaragaman Hayati

Berikut beberapa link twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 beserta cara membuatnya:

Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (1)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (2)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (3)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (4)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (5)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (6)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (7)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (8)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (9)
Link Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 (10)

Cara Menggunakan Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023

Jika twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 telah diunduh, langkah berikutnya adalah masukkan foto ke dalam twibbon tersebut. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Pilih salah satu Twibbon yang ingin dipakai dari link di atas. Lalu, arahkan ke laman Twibbonize, lalu klik ‘Pilih Foto’. Selanjutnya, pilihlah foto yang akan digunakan di Twibbon, lalu klik OK.

Foto yang dipilih akan muncul di Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023. Letak foto dapat digeser kemudian klik ‘crop’. Twibbon Hari Keanekaragaman Hayati 2023 sudah jadi. Untuk menggunakannya, klik ‘download’ dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Twibbon pun dapat diunggah ke media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Twitter atau dapat juga dijadikan sebagai foto profil.

Selamat mencoba dan selamat hari keanekaragaman hayati dunia, tetap jaga dan lestarikan kehati kita!

KLIK INI:  Kurban Asyik, Tanpa Kantong Plastik