2 Jam Berada di Alam Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

oleh -265 kali dilihat
2 Jam Berada di Alam Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya
Menikmati alam bebas/Foto-journal.sociolla.com

Klikhijau.com – Alam adalah rumah bagi manusia. Itulah alasan mengapa manusia merasa rileks dan nyaman saat berada di alam bebas.

Dekat dengan alam mampu membuat orang merasakan damai. Selain itu, berlibur di alam akan membuat pikiran jauh lebih fresh saat kembali ke rutinitas.

Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa hanya dengan duduk di alam bebas selama dua jam per minggu, kita akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan mental.

Ini merupakan studi pertama yang meneliti dengan tepat berapa lama orang harus menghabiskan waktu di lingkungan alami untuk merasakan dampak positifnya.

Para peneliti yakin bahwa dengan keakuratan ini, ambang dua jam dapat ditambahkan ke rekomendasi kesehatan yang serupa. Ini setara dengan mengonsumsi lima buah dan sayuran per hari atau berolahraga 150 menit per minggu.

KLIK INI:  Tak Usah Terlalu Bersih, Sebab Bisa Jadikan Anak Mudah Sakit?

Studi ini diterbitkan dalam Scientific Reports dengan menggunakan data dari Natural England. Data studi terbesar di dunia yang mengumpulkan data tentang kontak mingguan orang-orang dengan lingkungan alami.

Para peneliti menganalisis lebih dari 20.000 orang di Inggris untuk mengetahui aktivitas fisik mereka dari minggu sebelumnya, kesehatan mereka secara umum dan tingkat kepuasan mereka terhadap kehidupan.

Hasil penelitian

Hasil temuan mereka menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan setidaknya dua jam di alam menunjukkan perubahan signifikan dari ketidakpuasan. Hanya sekitar 14 persen yang merasa kesehatan mereka terganggu setelah menghabiskan waktu di alam.

Para peneliti tidak menemukan adanya perubahan yang signifikan dari mereka yang telah menghabiskan lebih dari dua jam di luar. Karenanya, peneliti membuat kesimpulan bahwa dua jam adalah waktu yang disarankan berada di alam.

“Sangat menarik melihat hubungan antara paparan terhadap alam dan kesehatan serta kesejahteraan yang lebih baik,” kata profesor Helen Stokes-Lampard dari Royal College of General Practitioners.

Temuan ini juga mengungkapkan bahwa manfaat alam tidak selalu terkait dengan latihan fisik. Ada manfaat jika menghabiskan waktu di alam, bahkan hanya dengan duduk di bangku taman.

KLIK INI:  7 Manfaat Berada di Alam Bebas, Menyehatkan dan Bikin Bahagia