Tak Usah Terlalu Bersih, Sebab Bisa Jadikan Anak Mudah Sakit?

oleh -86 kali dilihat
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Bagi orang tua, melihat buah hatinya kotor seperti “kiamat”. Karenanya banyak orang tua berusaha sekuat tenaga menjauhkan anaknya dari kotoran. Tujuannnya sungguh mulia, agar si buah hati tak dihinggapi kuman penyakit.

Siapa pun melihat anak kecil bersih memang menggemaskan. Tapi, ternyata terlalu higienis atau menjaga kebersihan justru malah akan membuat si anak mudah sakit. Sebab, kotor juga diperlukan agar imunitas atau sistem kekebalan tubuh si buah hati terbentuk.

dr. Prasna Pramitha, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan alergi imunologi RS Premier, mengatakan, orang tua jangan terlalu takut jika ‘agak jorok’.

KLIK INI:  Anak yang Dikelilingi Ruang Hijau Lebih Tangguh dari Gangguan Mental?

“Kalau membiasakan terlalu steril akhirnya bisa aja (anak) jadi mudah sakit,” ujar dia dalam acara Sequis di Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019 seperti yang ditulis tempo.co

Bagi dr. Prasna, untuk mendapatkan kekebalan tubuh, maka tubuh butuh membentuk antibodi yang berguna untuk imunitasnya lewat sesuatu yang tak bersih. Karenanya, tak perlu risau jika mendapati anak bermain “kotor”

“Contoh, orang yang enggak biasa jajan sembarang, terus dia makan langsung deh sakit. Jadi pokoknya kita hidup agak lebih kotor,” lanjutnya.

KLIK INI:  Beri Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Buah hati yang Cerdas!

Bukan hanya menyebabkan anak mudah sakit, anak terlalu dilarang untuk melakukan sesuatu karena dianggap kotor, justru akan membuatnya kurang kreatif karena merasa terkungkung.

“Ada yang sampai mandi aja pakai Aqua, itu kan udah enggak benar. Mandi ya tetap mandi seperti biasa air yang ada. Jadi dia pun dari tubuh sendiri bisa membentuk antibodi. Akhirnya dengan lingkungannya kalau dia enggak bisa kena kotor begitu kena malah jadi dia sakit,” ujarnya menjelaskan.

Ada beberapa penyakit yang paling banyak diderita oleh seseorang yang terlalu higienis seperti typus dan flu.
“Biasanya seperti typus karena kurang jajan. Biasanya juga mungkin flu bisa sering terjadi karena lewat udara,” katanya.

Jadi, setelah para pembaca membaca artikel ini, khususnya yang memiliki buah hati agar tak terlalu risau jika mendapati anaknya bermain di area yang agak kotor. Sebab kotor dibutuhkan tubuh anak untuk membentuk kekebalan tubuhnya.

KLIK INI:  Anak SMA, Imajinasi dan Sajak-Sajak yang Menghujam ke Bumi