Menjaga Keseimbangan Lingkungan dan Ekosistem Mangrove ala PLN

oleh -52 kali dilihat
Menjaga Keseimbangan Lingkungan dan Ekosistem Mangrove ala PLN
Penanam mangrove oleh PT PLN-foto/Ist
Andi Ayatullah

Klikhijau.com – Upaya mempertahankan ekosistem pesisir dari kerusakan harus tetap digalakkan. Salah satu bentuk upaya nyata adalah penanaman mangrove.

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar turut mendukung upaya tersebut. Hari Kamis kemarin, 28 November 2022, PT PLN melakukan penanaman 5.000 bibit Mangrove di Pantai Melaione, Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan penanaman tersebut, selain untuk mempertahankan ekosistem pesisir dari kerusakan, juga menjadi bagian dari upaya PLN untuk menyemarakkan “Hari Menanam Pohon Indonesia” yang diperingati secara nasional setiap 28 November.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Pelanggan Baubau, Agus Susanto secara simbolis menyerahkan bantuan bibit Pohon Mangrove sebesar Rp 100 juta kepada Bupati Wakatobi, Haliana yang merupakan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility).

KLIK INI:  Energi Penyelamat Bumi itu Bernama Mangrove, Teruslah Menjaganya!

Agus Susanto mengatakan kegiatan Penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan komitmen PLN dalam pelestarian lingkungan di Wakatobi.

“Kegiatan ini menjadi komitmen PLN dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan ekosistem mangrove sehingga menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk ke depannya”, ujar Agus Susanto.

Pada Tahap I, PLN telah melakukan penanaman 2.500 bibit di tepi Pantai Melaione, Dusun Melaione, Desa Matahora, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada senin (28/11). Selanjutnya, di Tahap II, akan ditanam kembali 2.500 bibit pohon Mangrove di Pulau Sumanga, Wakatobi, pada Desember 2022.

KLIK INI:  8 Dedikasi Abadi dari Aziil Anwar Sang Maestro Mangrove Indonesia
Dihadiri bupati

Kegiatan dihadiri Bupati Wakatobi, Haliana, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Pelanggan Baubau, Agus Susanto, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Dinas Kelautan Perikanan serta Komunitas Maimo Konservasi Laut Wakatobi.

Agus Susanto berharap kegiatan penanaman mangrove, nantinya dapat mencegah abrasi yang lebih besar di Pantai Melaione, Sulawesi Tenggara.

KLIK INI:  Telkom Bakal Memiliki Data Center Ramah Lingkungan

Bupati Wakatobi, Haliana berterima kasih atas bantuan bibit pohon mangrove serta mengapresiasi upaya PLN dalam mempertahankan ekosistem pesisir di Pantai Melaione.

“Terima kasih kepada PLN dan seluruh Stakeholder yang telah bahu-membahu dalam melestarikan lingkungan, semoga upaya ini menjadi langkah yang baik untuk mempertahankan ekosistem pesisir di Pantai Melaione,” ujar Haliana.

PLN berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga dengan sebaik-baiknya untuk dinikmati ke depannya.

Penyerahan bibit mangrove
KLIK INI:  British Council Mencari Komunikator Ilmu Iklim Terbaik Melalui Kompetisi Global