5 Tragedi Pohon Tumbang Paling Membekas di Makassar Tahun 2022

oleh -45 kali dilihat
pohon
Pohon tumbang di Jalan Sungai Lariang Makassar - Foto: Detik Sulsel

Klikhijau.com – Dalam setahun terakhir, tragedi pohon tumbang di Makassar jadi kabar tak sedap bagi warga Kota Makassar.

Bila diamati, memang terdapat beberapa pohon tua di beberapa titik di Kota Makassar yang perlu perhatian khusus. Saat sedang terjadi cuaca buruk, pohon-pohon tua ini menjadi ancaman serius bagi warga sekitar.

Tragedi pohon tumbang kerap terjadi saat cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang. Sejauh ini, kerugian material hingga korban jiwa cukup banyak akibat pohon tumbang.

Setidaknya ada 5 kejadian pohon tumbang paling membekas yang jadi kabar buruk warga kota Makassar sepanjang tahun 2022. Apa saja? simak berikut ini:

KLIK INI:  Apa Kabar Ruang Terbuka Hijau di Kota Makassar?
  1. Pohon tumbang di depan RS Labuang Baji
Pohon tumbang
Pohon tumbang yang terjadi di depan RS Labuang Baji – Foto: sulsel.fajar.co.id

Pada Rabu 19 Januari 2022, kemacetan parah terjadi di sepanjang Jalan Ratulangi dari arah Jalan Kumala, penyebabnya adalah ada pohon besar tumbang  jenis trembesi di Depan RS Labuang Baji.

Pohon besar menimpa tiga kendaraan pribadi antara lain Suzuki Ignis, Honda Mobilio dan Daihatsu Ayla. Setidaknya ada empat pohon tumbang di hari yang sama, kejadian malamnya juga terjadi di Cokkonuri.

Awal Januari 2022 lalu, hujan deras dan angin kencang melanda Kota Makassar, mengakibatkan beberapa area tergenang banjir. Kemacetan parah mewarnai lalulintas Kota Makassar sepanjang bulan Januari 2022.

  1. Pohon menimpa rumah warga di Bara-baraya dan kompleks Chrysant
Pohon tumbang
Pohon tumbang di kompleks Chrysant Makassar – Foto: tribuntimur

Hujan deras dan angin kencang berlanjut hingga bulan Februari 2022. Kejadian pohon tumbang kembali terjadi pada 21 Februari 2022 dinihari sekira pukul 03.32 WITA, tepatnya di Jalan Hon Dg Matutu Kelurahan Bara Baraya. Sebuah rumah semi permanen mengalami rusak ringan akibat tertimpa pohon.

KLIK INI:  Diberi Penghargaan di Bidang Lingkungan, Anis Kurniawan: Semua Harus Bersinergi untuk Makassar

Di hari yang sama pohon tumbang juga terjadi wilayah Kelurahan Pandang Kompleks Chrysant. Kejadian ini menyebabkan dua mobil rusak tertimpa pohon.

  1. Pohon tumbang di Jalan Abdullah Dg Sirua
Pohon
Pohon tumbang di Jalan Abdesir menimpa mobil – Foto: Poskota Sulsel

Pohon tumbang yang terjadi Jalan Abdullah Dg Sirua pada Senin Sore (10/10/2022) mengakibatkan kemacetan parah hingga malam hari. Pohon tumbang menimpa pengguna jalan yakni sebuah mobil mini bus.

  1. Pohon tumbang di Jalan kantor Pengadilan Negeri Kelas I Makassar
tumbang
Pohon tumbang di Kantor PN Makassar menimpa dua buruh harian – Foto: Fauzan, Liputan6

Dua buruh harian yang bekerja pada proyek renovasi kantor Pengadilan Negeri Kelas I Makassar jadi korban tertimpa pohon tumbang pada Jumat 18 November 2022. Keduanya diketahui bernama Suwandi (25) dan Agus Dg Ngitung (51).

Pohon besar dan terbilang berusia tua tak kuasa menahan terpaan angin kencang dan hujan deras. Beruntung, kedua korban bisa diselamatkan dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.
  1. Pohon tumbang di Jalan Sungai Lariang
pohon
Pohon tumbang di Jalan Sungai Lariang Makassar – Foto: Detik Sulsel

 

Tragedi pohon tumbang paling baru terjadi pada Jumat 23 Desember 2022. Insiden ini terjadi di Jalan Sungai Lariang, Kota Makassar.

Pohon tumbang menimpa 5 warga yang sedang makan di sebuah warung bakso Anjas Kachak di depan Lapangan Tenis Hasanuddin.

“Korban sementara makan Bakso Anjas Kachak depan Lapangan Tenis Hasanuddin, kemudian tiba-tiba pohon yang berada di depan rumah Andi Heri Iskandar tumbang dan mengenai atap jualan Bakso Anjas Kachak,” kata Kasi Humas Polsek Ujung Pandang Bripka Suwandhi Dikutip dari Detik, Jumat (23/12/2022).

Adapun korban dalam peristiwa ini atas nama Elvisa Rose Lany (42), Hery Risnandar (47), Doni (42), Martinus Ola (42), dan Fitriani Sudirman (34). Para korban tengah menjalani perawatan medis di RS Pelamonia, Makassar.

Itulah 5 insiden pohon tumbang paling menyita perhatian warga Kota Makassar sepanjang tahun 2022. Ada puluhan insiden pohon tumbang lainnya yang terjadi. Insiden demi insiden ini selayaknya jadi perhatian khusus pihak berwenang. Ayo selalu waspada!

KLIK INI:  Mengenal Kecombrang dan Rusa Timor, Dua Ikon Hari Cinta Puspa dan Satwa 2020