Pola Makan Sehat Membantu Atasi Depresi, Benarkah?

Klikhijau.com โ€“ Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu orang dewasa mengurangi gejala depresi yang dialaminya. Hal tersebut lebih baik daripada makan makanan olahan dan sarat gul...

Pola Makan Sehat Membantu Atasi Depresi, Benarkah?
Bacakan Artikel

Klikhijau.com โ€“ Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu orang dewasa mengurangi gejala depresi yang dialaminya. Hal tersebut lebih baik daripada makan makanan olahan dan sarat gula.

Begitulah yang dikatakan sebuah studi awal yang ditulis Nicoletta Lanese di Livescience. Namun, tidak semua orang yakin bahwa itu dapat dijadikan pengobatan untuk depresi secara utuh.

Dari sebuah penelitian baru yang diterbitkan 9 Oktober dalam jurnal Plos One, para ilmuwan masih tidak bisa mengatakan apakah makan buah โ€“ buahan dan sayuran membantu memperbaiki gejala depresi lebih dari satu "pil dummy".

Penelitian sejak lama mengaitkan makan sehat, khususnya buah-buahan, sayuran, ikan, dan biji-bijian, dengan risiko depresi yang berkurang. Penelitian yang dimaksud itu di terbitkan pada tahun 2013 di The American Journal of Clinical Nutrition.

[irp posts="7407" name="Waspadai Bahaya Pestisida Buah dan Sayuran! Ini Tipsnya Agar Bersih"]

Meski data yang ada menunjukkan adanya beberapa hubungan antara kebiasaan makan yang buruk dengan depresi. Tapi tidak jelas apakah ada hubungan "sebab-akibat" antara keduanya.

Lanjut ke Halaman 2
Pilih Halaman: