P3E SUMA KLHK Terima Kunjungan SMK-SMTI Makassar, Bahas Misi Sekolah Hijau

oleh -55 kali dilihat
P3E SUMA KLHK Terima Kunjungan SMK-SMTI Makassar, Bahas Misi Sekolah Hijau
Kapus P3E Suma, Dr Darhamsyah menerima kunjungan SMK-SMTI Makassar - Foto: Ist

Klikhijau.com – Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E SUMA-KLHK) Dr Darhamsyah menerima kunjungan tim guru Sekolah Menengah Kejuruan – Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMK-SMTI) Makassar, di ruang rapat Kantor P3E Suma, Kamis (08/12/2022).

Dalam pertemuan ini, Darhamsyah membahas mengenai program Manajemen Lingkungan ISO 140001 yang sedianya akan diaplikasikan dalam lingkungan dunia pendidikan.

Sejauh ini SMK-SMTI sedang mempersiapkan diri menuju standar manajemen lingkungan ISO 140001. Demi mendukung capaian ini, P3E Suma bersedia memberi peran dan kontribusi sebagai pendamping.

Menurut Darhamsyah, sekolah berbasis teknologi industri akan senantiasa beririsan dengan faktor lingkungan. Oleh karena itu, Darhamsyah mengapresiasi langkah yang diambil dari SMK-SMTI yang akan mengembangkan standar mutu manajemen lingkungan dalam kegiatan sehari-hari melalui ISO 140001.

KLIK INI:  Bersama P3E Suma, Unismuh Makassar Menuju Kampus Berwawasan Lingkungan

“Beberapa faktor inti dari ISO 140001 antara lain dokumen ISO, Awarenes dan  Teknik Lapangan. Dalam bekerja apa manfaat yang bisa diberikan kepada negara. Kerja untuk ibadah,” pesan Dr.Darhmasyah yang juga seorang Executive Profesional Coach ini.

Darhamsyah juga menjelaskan beberapa rangkaian proses jika ingin menjalankan standar ISO 140001, yakni antara lain;dDokumen SOP tentang pengelolahan limbah, konsep pengelolaan limbah cair dan padat, dokumen, konsultan, serta action audit yang akan dicapai.

“Sosialisasi Manajemen Lingkungan seperti apa ke jajaran. Sangat penting mengenalkan ke sekolah, apa itu ISO dan apa perlunya ISO itu,” tambahnya.

Darhamsyah menambahkan perlunya menumbuhkan mindset dalam mendorong manajemen sekolah berwawasan lingkungan. Antara lain bagaimana menekan pengeluaran penggunaan listrik, air dan lainnya.

KLIK INI:  Kapus P3E Suma Terima Kunjungan Pengurus Filatelis Sulsel Bahas Program Kerja 2019

“Semua harus diawasi secara internal dan individu,” tambahnya.

Sementara itu Muhammad Amrullah dari Kepala Tata Usaha SMK- SMTI, menuturkan bahwa langkah ini merupakan dukungan nyata Kementerian Perindustrian dalam hal ini melalaui nakhoda Basri Nur selaku Kepala Sekolah SMTI Makassar yang peduli akan Lingkungan Hidup, melalui SMTI  Makassar dalam percepatan energi hijau.

“Inilah alasan mengapa kami melakukan studi banding ke P3E SUMA- KLHK,” katanya mewakili tim guru lainnya.

Menurut  Amrullah, ide inovasi sekolah hijau sejatinya telah diinisiasi sejak 2018. Pihaknya juga telah melakukan pembenahan sarana prasarana serta perubahan mindset pegawai yang disentuh menjadi satu visi kemudian dilanjutkan kedalam dokumen.

“Tanggung jawab kami yang berkecimpung di ranah industri, sehingga secara tidak langsung hal ini dapat mengedukasi pada teknik limbah industri agar bisa berproses dan diolah. Menjadikan Anak didik kita tetap peduli lingkungan,” harapnya lagi.

Ke depannya, sudah ada gambaran nyata untuk tindak lanjut pertemuan dan rencananya akan  dituangkan dalam MoU melalui Kementerian perindustrian dalam mendukung energi hijau bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam hal ini P3E SUMA-KLHK.

“Kita berkomitmen berbuat, menuju sekolah berwawasan lingkungan 140001,”pungkasnya diakhir pertemuan.

KLIK INI:  P3E Suma KLHK Gelar Diskusi Peningkatan Kapasitas Kehumasan