12 Negara Peserta Piala Dunia 2022 yang Memakai Julukan Hewan

oleh -35 kali dilihat
12 Negara Peserta Piala Dunia 2022 yang Memakai Julukan Hewan
Piala dunia Qatar 2022-foto/Ist

Klikhijau.com – Pagelaran Piala Dunia atau FIFA World Cup selalu memiliki kisahnya sendiri. Misalnya tahun 2022 ini, menghadirkan banyak hal baru yang akan terus hangat dibincangkan.

Pada edisi-edisi sebelumnya, piala dunia akan digelar saat kompetisi liga-liga, khususnya liga-liga bola di Eropa sedang libur—biasanya antara Juni-Juli

Namun, tahun ini justru digelar di tengah kompetisi liga-liga top di dunia sedang berlangsung. Pun untuk pertama kalinya digelar di negara Islam, yakni Qatar.

Karena itu, ajang sepak bola terakbar di dunia itu dikenal dengan nama Piala Dunia Qatar 2022 yang diikuti sebanyak 32 tim.

KLIK INI:  Alla', Tempat Favorit Membuang Sampah

Tim yang ikut berlaga di ajang piala dunia 2022 tahun ini, masih seperti edisi tahun-tahun sebelumnya, yakni setiap tim memiliki julukan masing-masing.

Di antara julukan itu, ada beberapa tim nasional yang memakai nama hewan sebagai julukannya, di antaranya:

  •  Arab Saudi

Julukan As Suqur dipakai oleh Arab Saudi yang artinya adalah artinya elang. Dengan jersey andalan warna hijau, maka tim ini dijuluki elang hijau.

Tim nasional sepak bola Arab Saudi merupakan sebuah  tim yang mewakili Arab Saudi dalam hal kejuaraan sepak bola internasional.

Timnas Arab Suadi berada di bawah pengawasan Federasi Sepak Bola Arab Saudi. Timnas ini menjadi salah satu kekuatan di Asia yang paling berhasil.

KLIK INI:  Krisis Iklim Berpotensi Tingkatkan Lebih Banyak Kanker Kulit
  • Australia

Pada tahun 1974, Australia berpartisipasi di Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya. Sayangnya pada tahun itu, negara kanguru ini  gagal melewati babak pertama.

Australia sebelumnya bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Oseania. Namun, pada tahun 2006 lalu memutuskan untuk pindah ke Konfederasi Sepak Bola Asia.

Julukan Timnas Australia adalah Socceroos yang artinya Bola dan Kanguru. Negara ini memang dikenal dengan hewan kangurunya.

Julukan Socceroos diciptakan pada tahun 1967 oleh seorang jurnalis Sydney bernama Tony Horstead yang meliput timnas Australia dalam turnya di Vietnam.

Australia  tergabung di grup D bersama Tunisia, Denmark, dan Prancis.

  • Korea Selatan

Korea Selatan (Korsel) tergabung dalam grup H bersama Portugal, Ghana, Uruguay, dan Portugal. Negara yang telah tampil 11 kali di piala dunia ini mendapat julukan The Reds karena warna jersey utamanya berwarna merah.

Julukan lainnya adalah Taegeuk Warriors dan Lions of Asia. Taegeuk merupakan simbol yang ada di bendera negara yang terkenal dengan K-Popnya itu.

  • Kamerun

Timnas Kamerun mendapat julukan Les Lions Indomptables atau Singa Tangguh. Kata Indomitable memiliki arti kuat kuat dan tidak bisa dikalahkan. Negara ini  pertama ikut serta dalam ajang Piala Dunia FIFA pada tahun 1982.

KLIK INI:  Mewaspadai Peralihan Rawa dari Penyerap Karbon ke Sumber Karbon
  • Maroko

The Atlas Lions atau Singa Atlas merupakan julukan bagi Timnas Maroko. Negara ini  telah enam kali menjadi peserta Piala Dunia.

Singa Atlas merupakan merupakan hewan nasional resmi negara ini. Sayangnya singa atlas telah dinyatakan punah.

  • Senegal

Senegal mendapat julukan Lions of Teranga atau Singa Ramah. Teranga merupakan kata serapan yang masuk ke dalam budaya negara ini.

Arti Teranga adalah keramahan yang luar biasa. Oleh karena itu, tim nasional negara ini berjuluk Lions of Teranga atau Teranga Lions atau singa yang ramah.

  • Tunisia

Eagle of Carthage atau elang kartago merupakan julukan Timnas Tunisia. Carthage atau dalam bahasa latin berarti Kartago adalah pusat peradaban kuno yang sangat penting di Tunisia.

Istilah elang atau eagle berasal dari logo Federasi Sepak Bola Tunisia, karenanya negara ini memakai julukan Eagle of Carthage.

Pada Piala Dunia Qatar 2022, Tunisia bergabung di Grup D bersama Prancis, Denmark, dan Australia.

KLIK INI:  Lalu Siapakah yang Bertanggung Jawab Terhadap Sampah Plastik?
  • Inggris

Tree Lions atau tiga singa adalah julukan dari Timnas Inggris. Asosiasi Sepak bola Inggris menggambarkan three lions pada logo mereka.

Di piala dunia 2022 ini, Inggris berada di grup B Bersama, Wales, Iran, dan Amerika Serikat (USA)

  • Prancis

Pada Piala Dunia 2022, Prancis bergabung di Grup D bersama Tunisia, Denmark, dan Australia. Timnas negara ini memiliki julukan Le Coq Gaulois atau ayam jantan. Selain itu, julukan lainnya adalah Les Blues yang merujuk pada warna jersey mereka, yakni biru.

Julukan Le Coq Gaulois atau ayam jantan diambil dari logo asosiasi sepak bola Prancis.

KLIK INI:  Alam, Terapi Terbaik Mengurangi Perasaan Kesepian
  • Serbia

Orlovi atau elang merupakan julukan dari Timnas Serbia. Orlovi dalam bahasa Inggris artinya eagles atau elang.

Elang merupakan burung cukup sering ditemukan menjadi simbol suatu negara, khusus negara-negara Eropa.

Dilansir laman resmi pemerintah Serbia, julukan Orlovi diadopsi dari lambang di bendera mereka yang memperlihatkan elang putih berkepala dua.

Lambang tersebut telah disematkan sejak masa Kerajaan Serbia, lalu berubah menjadi bintang merah saat negara ini menjadi bagian dari rezim komunis Yugoslavia.

KLIK INI:  Menarik, Emisi Karbon Dapat Disulap Jadi Bahan Bakar Berkelanjutan
  • Wales

Timnas Wales termasuk bergabung  di grup B bersama Amerika Serikat, Iran, dan Inggris. Tim ini dikendalikan oleh FAW atau Asosiasi Sepak Bola Wales.

Julukan Timnas Wales adalah The Dragons atau si Naga. Julukan ini sesuai dengan gambar pada bendera mereka, yakni  naga

  •  Iran

Iran memiliki julukan Tim Melli  yang dalam bahasa Persia artinya tim nasional. Namun demikian tim ini memiliki julukan lain, yakni Shirane Iran yang berarti Singa Iran.

Nah, sahabat hijau itulah beberapa tim nasional (timnas) negara yang ikut pada ajang Piala Dunia Qatar 2022 yang memiliki julukan nama hewan.

KLIK INI:  Segala Hal yang Perlu Diketahui Tentang Energi Biomassa