Pesan Katon Bagaskara, Ayo Jaga Kandungan Organik Tanah dan #SelamatkanTanah!

oleh -19 kali dilihat
Pesan Katon Bagaskara, Ayo Jaga Kandungan Organik Tanah dan #SelamatkanTanah!
Screenshot foto dari akun IG @katonbagaskara

Klikhijau.com – Penyanyi ternama Indonesia, Katon Bagaskara menyampaikan pesan penting belum lama ini melalui akun Instagramnya @katonbagaskara perihal pentingnya menjaga dan selamatkan tanah.

Selama ini, Katon Bagaskara memang dikenal banyak mengambil peran dalam kampanye lingkungan, termasuk melalui lagu-lagu yang dinyanyikannya.

Di akhir tahun 2022 lalu, penyanyi dengan suara merdu ini menyampaikan pesan penting perihal pentingnya kita sama-sama menjaga dan menyelamatkan tanah.

“Haloo…Saya Katon Bakaskara, saya ingin mengajak semua saudaraku, teman-teman semua untuk Hastag #savesoil atau #SelamatkanTanah. Gerakan yang diimbau oleh Sadhguru, dimana kita harus mengembalikan setidaknya 3 sampai 6 persen kandungan organik di dalam tanah kita dengan kasi naungan pepohonan untuk tanah dan memperkaya kandungan tanah dengan pakai sampah tanaman dan kotoran hewan. Tanah akan menghasilkan yang terbaik menjadikan makanan yang indah dan sehat buat kita semua. Dan tanah kita adalah sumber kehidupan. Mari semua teman-teman ikuti imbauan kami, mari kita gerakkan bersama #savesoil, #Selamatkantanah! All the best di akhir tahun. Selamat tahun baru 2023!”

KLIK INI:  Ciptakan Lingkungan yang Ramah, Kak Seto Memilih Jadi Vegan

Dalam durasi singkat dalam tayangan video yang sudah dinonton lebih dari 2000 views ini, Katon mengajak kita semua untuk menjaga tanah untuk kehidupan.

Ada tiga pesan penting yang bisa ditarik dari pernyataan Katon Bagaskara. Pertama, pentingnya menjaga dan menyelamatkan tanah sebagai unsur penting dalam kehidupan. Caranya adalah dengan mengembalikan setidaknya 3 sampai 6 persen kandungan organik dalam tanah.

Kedua, menanam pohon merupakan satu cara positif dan murah bisa dilakukan secara bersama-sama demi menjaga kualitas tanah.

Ketiga, pentingnya penggunaan sampah organik untuk mengembalikan unsur hara dalam tanah. Bagi Katon, tanah yang sehat tentu akan menumbuhkan sumber pangan terbaik dan berkelanjutan bagi kita semua.

KLIK INI:  Mengenal Jenis-Jenis Tanah yang Ada di Indonesia dan Persebarannya

Pesan dan ajakan ini tentu juga memberi makna khusus bahwa upaya menjaga tanah adalah tanggungjawab kita semua. Semua bisa mengambil peran dan kontribusi. Dilakukan sekarang dan bersama-sama.

Pesan Katon Bagaskara direspons puluhan netizen secara positif. Akun Instagram @hendriyanto78687 misalnya menulis berikut:

Setuju banget tapi jangan Cuma setuju….harus ada Tindakan paling tidak menanam pohon atau tanaman yg berguna di rumah atau lingkungan kita…ayo kita mulai!

Respons positif dan lebih menohok lainnya dituturkan akun Instagram @wasis_miguno_interior berikut ini:

Setuju mas katon….tp yg di perkotaan dah banyak ketutup tanahnya buat jalan2 pedestrian bangunan yang full blok nutupi muka tanah. Cara lainnya apa yah?

Untuk pertanyaan Netizen kali ini rupanya dijawab langsung sang penyanyi. Dengan mengatakan sebagai berikut:

Justru itu himbauan Gerakan kit aini jika dilakukan serentak bersama #savesoil #selamatkantanah #sadhguru akan bisa menyentuh Nurani setiap penguasa, Pemerintah dan Pengusaha2 tambang. Pihak2 terkait agar berkoordinasi dan bekerjasama dalam satu semangat menyelamatkan tanah kita.

Ada puluhan tanggapan lain yang juga bernasa sepakat. Tentu, aksi nyata kita tunggu dari kita semua, termasuk dari para pemangku kepentingan. Ayo #SaveSoil #SelamatkanTanah

KLIK INI:  Mengenali Bahaya dan Ciri Tanah yang telah Tercemar Limbah B3