4 Jenis Kupu-Kupu Ini Dilindungi di TN Bantimurung Bulusaraung

oleh -3,242 kali dilihat
4 Jenis Kupu-Kupu Ini Dilindungi di TN Bantimurung Bulusaraung
Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung/Foto-Travellermeds

Klikhijau.com – Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) adalah surga bagi kupu-kupu. Anekaragam jenis kupu-kupu ada di sana. Wajar bila dijuluki “the kingdom of butterfly”.

Tercatat ada sekitar 243 spesies dari kelompok papilionoidea yang terdiri dari 5 famili, yaitu Nymphalidae (112 spesies), Papilionidae (26 spesies), Pieridae (28 spesies), Lycanidae (75 spesies) dan Riodinidae (2 spesies). Diantara sekian banyak spesies tersebut, ada 4 spesies yang dilindungi oleh pemerintah. Berikut penjelasannya yang menarik Anda ketahui.

1. Troides Hypolitus
Kupu-kupu Troides-Hypolitus
Troides Hypolitus/Foto-Art.com

Dikenal juga sebagai kupu-kupu raja hypolitus. Persebarannya sangat terbatas dibandingkan jenis troides lainnya, yakni hanya ada di Sulawesi dan Maluku. Jenis ini bisa dijumpai di TN Bantimurung dan telah dikembangkan di Sanctuary kupu-kupu. Perlindungan atas ini tidak hanya melalui peraturan pemerintah tapi juga diatur dalam CITES yang menggolongkannya dalam Appendix II.

KLIK INI:  Begini Suasana Bantimurung di Malam Hari Setelah Resmi Dibuka 24 Jam!
2. Troides Helena
Troides-Helena
Troides Helena/Foto-Wikimedia.org

Spesies ini termasuk kelompok papilionidae. Diantara Genus Troides, jenis ini paling banyak dijumpai. Persebarannya sangat luas dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi hingga utara India dan Malaysia. Anda dapat menjumpai jenis ini dalam jumlah yang banyak di TN Bantimurung. Masyarakat sekitar juga menangkarkan spesies ini.

3. Troides Holiphron
Troides-Holiphron
Troides Holiphron/Foto-Tn-babul.org

Spesies ini merupakan bagian dari famili Papilionidae. Dikenal juga sebagai kupu-kupu raja haliphron. Persebarannya juga cukup luas yakni di Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara, dan Maluku Bagian Tenggara. Bila Anda ke TN Bantimurung, jenis ini banyak dijumpai terbang tinggi di antara tajuk pohon.

KLIK INI:  Mengintip Satu Abad Tata Kelola Bantimurung
4. Cethosia Myrina
Cethosia-Myrina
Cethosia Myrina/Foto-Wikimedia.org

Inilah satu-satunya anggota famili Nymphalidae di TN Bantimurung yang dilindungi. Dikenal dengan sebutan kupu-kupu batik karena coraknya menyerupai batik. Atau kupu-kupu sayap renda karena memiliki tepian sayap yang bergerigi menyerupai renda. Spesies ini persebarannya sangat terbatas dan merupakan spesies endemik Sulawesi.

KLIK INI:  Gelar Aksi Bersih, Balai TN Bantimurung Bulusaraung Kumpulkan 10 Ton Sampah