Kapan Musim Kemarau akan Tiba? Kenali 3 Tanda Alam Ini!

oleh -45 kali dilihat
Kapan Musim Kemarau akan Tiba Kenali 3 Tanda Alam Ini!
Ilustrasi - Foto: Unsplash

Klikhijau.com – Apakah ada tanda alam ketika musim kemarau segera tiba? Yah sejatinya alam memberikan indikator alami yang menjadi sinyal bahwa kemaran akan tiba.

Indikator atau tanda alami ini telah dipahami sejak dahulu terutama oleh nenek moyang kita yang berprofesi sebagai petani.

Para petani di Sulawesi Selatan bahkan membagi dua indikator musim yakni kemarau dan musim hujan berdasarkan nama-nama bulan.

Ketika nama-nama bulan sudah mulai berakhiran (r) maka musim hujan akan datang. Ini bermula pada bulan sembilan atau September. Huruf (r) disini diasumsikan sebagai ere (bahasa Makassar) yang maknanya adalah air.

KLIK INI:  Ruang Hijau Perkotaan Lebih Berdampak bagi Kesehatan Mental Perempuan

Para petani percaya bahwa musim hujan akan datang dari bulan September, hingga Februere atau Februari. Memasuki bulan Maret, diyakini aka nada transisi musim menuju musim kemarau.

Lalu, bagaimana pula tanda alam yang umum muncul menjelang musim kemarau? Berikut ini setidaknya ada 3 tanda alam yang menjadi sinyal bahwa musim kemarau sudah mendekat.

  • Pohon randu (kapuk) berbunga

Ketika pohon kapuk (randu) mulai berbunga, diyakini bahwa musim kemarau segera datang. Kemunculan bunga pohon randu pertanda kuat akan datangnya kemarau, lalu buah kapuk yang kerap dimanfaatkan dalam membuat Kasur akan beterbangan saat musim hujan.

  • Munculnya suara Garengpung

Garengpung atau biasa pula disebut cidadas merupakan hewan kecil sejenis lalat, namun ukurannya lebih besar mencapai (4-5 cm).

KLIK INI:  Kabar Baik, Ditemukan 30.000 Enzim yang Dapat Mengurai Plastik

Hewan kecil ini kerap ditemui di pepohonan bambu atau pada pohon berukuran besar. Garempung akan berbunyi pada bulan April-Mei yang sekaligus menjadi penanda bahwa musim hujan segera berakhir dan musim kemarau segera tiba.

Ketika garempung muncul berbunyi di bulan-bulan ini, suaranya akan sangat besar bersahutan di pagi hari hingga siang hari. Ini pertanda bahwa musim kemarau sudah dekat.

  • Cuaca dingin di malam hari

Cuaca dingin di malam hari sejak lama diyakini sebagai pertanda bahwa musim kemarau sudah tiba. Ketika terik matahari begitu tinggi di siang hari, cuaca di malam hari justru sangat dingin.

Karenanya, cuaca dingin di malam hari diyakini sebagai tanda alam akan datangnya musim kemarau.

Itulah 3 tanda alam yang lazim dirasakan jelang musim kemarau. Belakangan, musim semakin tidak menentu akibat perubahan iklim, ini tentu alarm dari alam agar manusia berbenah. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Ketika Diguyur Hujan, Tanaman akan 'Panik', Benarkah?