Agar Bumbu Dapur tidak Cepat Rusak, Ini 7 Cara Menyimpannya!

oleh -23 kali dilihat
Agar Bumbu Dapur tidak Cepat rusak, Ini 7 Cara Menyimpannya!
Ilustrasi - Foto: Pixabay

Klikhijau.com – Bumbu dapur sangatlah penting adanya di dapur. Meski kadang tak diperhatikan detail, bumbu dapur tentu perlu dijaga dan diawasi agar kualitasnya tetap terjaga.

Oleh sebab itu, perlu perlakuan khusus dalam menyimpannya agar kualitasnya terjaga. Bumbu dapur yang baik akan menentukan rasa sebuah masakan.

Lalu, bagaimana cara menyimpan bumbu dapur agar tetap dalam konsisi baik? Berikut ini setidaknya ada 7 tips dan trik menyimpan bumbu dapur yang bisa dilakukan: 

  1. Pastikan terhindari dari akses sinar matahari

Ruang dapur sebaiknya memiliki sirkulasi udara bagus, karenanya dibutuhkan ventilasi cukup. Meski begitu, kamu perlu memperhatikan penyimpanan bumbu dapur. Tempatkan hal satu ini pada posisi yang justru terhindar dari akses cahaya matahari.

KLIK INI:  Masyarakat Adat Sudah Menerapkan Ekonomi Hijau Sejak Dulu

Jika terpapar sinar matahari, bumbu akan cepat rusak seperti berair atau berjamur. Perhatikan posisi penyimpanannya atau setidaknya pilih posisi rak dapur khusus bumbu yang menjauh dari paparan sinar matahari.

  1. Gunakan stoples yang aman

Kamu bisa menggunakan stoples yang aman dan representatif untuk penyimpanan bumbu. Pindahkanlah bumbu di dalam stoples, satu-satu, lalu tata posisinya di rak dapur.

Namun demikian, setiap kali menggunakannya, tutup rapat kembali stoples tersebut agar aman dari semut juga demi menjaga kebersihannya.

  1. Cek tanggal kadaluarsanya

Terkesan disepelakan, namun intens mengecek tanggal kadaluarsa bumbu-bumbu di rumah sangat penting. Hal itu, karena seringkali bumbu tersebut sudah direlokasi ke tempat penyimpanan baru tanpa menyematkan informasi mengenai kadaluarsanya.

KLIK INI:  Pada 5 Bumbu Desa Ini Ada Khasiat Istimewa untuk Daya Tahan Tubuh

Selain itu, ada saja bumbu tertentu yang mungkin jarang digunakan. Cek kembali setiap saat demi keamanan makanan yang dimasak. Gunakan bumbu dapur yang sudah lama mendiami dapur agar tidak ada yang terbuang sia-sia.

  1. Simpan di tempat kering

Rak dapur kadang kotor dan lembab, jaga kebersihannya agar tetap kering. Terlebih bila rak atau lemari tersebut menjadi tempat menyimpan bumbu.

Hal ini penting sebab, bumbu-bumbu masakan memang harus diletakkan ditempat kering agar kualitasnya terjaga.

  1. Periksa kualitasnya berkala

Bila ada waktu luang, cobalah memeriksa kualitas bumbu dalam stoples. Ini tentu jarang dilakukan karena dianggap sepele.

KLIK INI:  Mengenai Pangan dan Istilah Tentangnya Berdasarkan Undang-Undang

Pastikan bumbu-bumbu tersebut masih dengan kualitas terbaik agar menunjang masakan sehat kamu.

  1. Olah bumbu dapur yang rusak

Kamu dapat mengolah bumbu dapur yang sudah rusak atau kadaluarsa. Jadi, jangan langsung dibuang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkannya sebagai bahan pupuk organik. Micin atau masako misalnya dapat dibuang ke alat pengomposan di rumah. Atau bisa langsung diaplikasikan sebagai penyubur tanaman.

  1. Sesuaikan penyimpanan bumbu dengan wadahnya

Pilih wadah penyimpanan bumbu yang sesuai dengan tekstur bumbu. Hal ini penting agar saat menggunakannya kembali tidak tumpah atau terkena paparan udara. Ada banyak wadah berukuran kecil dengan bagian penutup optimal bisa dipilih untuk penyimpanan bumbu.

Itulah 7 cara penyimpanan dan perawatan bumbu masak yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Mengunjungi Lumbung Kantong Plastik yang Bernama Pasar Tradisional