Yayasan KEHATI dan PT BNP Paribas Raih ‘Sustainable Investment in Action Award’ 2021

oleh -121 kali dilihat
Yayasan KEHATI dan PT BNP Paribas Raih Sustainable Investment in Action Award 2021

Klikhijau.com – Yayasan KEHATI bersama PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) dinobatkan sebagai pemenang Sustainable Investment in Action (SIA) Award 2021.

Penghargaan ini didapatkan dalam kategori Basic Needs pada acara yang diselenggarakan oleh media group Option Finance dan didukung oleh organisasi yang bergerak di isu ESG (environmental Social Governance) dan beberapa media di Eropa (10/6).

Kegiatan ini  bertujuan untuk memberikan penghargaan dan dukungan terkait investasi yang berdampak (impact investment) yang sudah dilakukan. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan menciptakan lebih banyak keterlibatan dan dukungan dari lembaga keuangan dan investasi yang lain.

SIA Awards merupakan kolaborasi berbagai organisasi termasuk PRI (Principle for Responsible Investment), UK SIF, Spain SIF, UN Global Compact France, dan lain-lain.

“Bersama partner kita PT BNP Paribas AM, Ini merupakan award untuk peran KEHATI dalam mendorong pertumbuhan ESG investment di Indonesia. Dengan penghargaan ini, kami berharap dapat terus berkontribusi dan memberikan inspirasi kepada pihak lain utuk terlibat  dalam pelestarian keanekaragaman hayati dan perbaikan lingkungan di Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos.

KLIK INI:  Tak Asal Tanam, Rehabilitasi Mangrove Memerlukan Strategi yang Tepat

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kehati dan PT BNP Paribas AM setelah menjalani berbagai proses seleksi dan penilaian bersama dengan lembaga lainnya berskala global.

Program yang masuk dalam nominiasi harus memiliki keterlibatan aktif dan dampak yang positif kepada masyarakat. Program tersebut juga dapat diadaptasi oleh masyarakat dan dapat diaplikasikan oleh penerima manfaat.

Lebih lanjut, Riki menjelaskan bahwa pendanaan program tata kelola budi daya sorgum di NTT dalam 2-3 tahun terakhir sepenuhnya didanai oleh kontribusi dana kelolaan reksa dana yang diterima dari berbagai perusahaan manajer investasi, termasusk PT BNP Paribas AM.

Presiden Direktur PT BNP Paribas Asset Management Priyo Santoso turut mengatakan pihaknya ikut bangga dapat menjadi mitra KEHATI hingga bisa meraih penghargaan ini.

Terlebih kata Priyo, Reksa Dana BNP Paribas SRI Kehati merupakan rekam jejak pertama bagi kami dalam menghadirkan reksa dana indeks yang mengusung tema Sustainable Responsible Investment (SRI) sejak tahun 2018.

“Sebagai perusahaan manajer investasi yang punya komitmen kuat terhadap sustainable investment, kami terus mendukung Yayasan Kehati baik melalui edukasi serta solusi reksa dana yang mampu memberikan dampak positif secara berkelanjutan,” katanya.

KLIK INI:  Festival Golo Koe: Gerakan Anak Muda untuk Misi Rendah Emisi dan Ketahanan Pangan

Berbeda dengan investasi tradisional yang hanya bertujuan menawarkan pengembalian hasil finansial bagi investor saja, melalui Reksa Dana BNP Paribas SRI KEHATI, PT BNP Paribas AM berupaya untuk memberikan nilai tambah dengan membuka kesempatan bagi para investor untuk juga dapat berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungannya.

Sejumlah dana tertentu diberikan kepada Yayasan KEHATI untuk kemudian disalurkan pada program ekosistem pertanian.

Dana sosial tersebut digunakan untuk mendukung pelestarian dan pemanfaatan makanan lokal yang cocok untuk iklim kering di NTT, khususnya di Pulau Flores.

Fokus program tersebut yaitu mengembalikan tanaman lokal yang terabaikan dan kurang dimanfaatkan, salah satunya sorgum. Dalam pelaksanaannya, KEHATI berkolaborasi dengan lebih dari 150 petani wanita di Pulau Flores dengan cakupan area lebih dari 200 hektar (Ha). Program ini dimulai sejak tahun 2012 dan terus berkembang hingga kini.

KLIK INI:  Aksi KEHATI Rehabilitasi Karang di Pulau Sangiang dengan Modul PVC
Tentang Yayasan KEHATI

Dibentuk pada 12 Januari 1994, Yayasan KEHATI bertujuan untuk menghimpun dan mengelola sumberdaya yang selanjutnya disalurkan dalam bentuk dana hibah, fasilitasi, konsultasi dan berbagai fasilitas lain guna menunjang berbagai program pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia dan pemanfaatannya secara adil dan berkelanjutan.

Beberapa tokoh dibalik terbentuknya Yayasan KEHATI antara lain, Emil Salim, Koesnadi Hardjasoemantri, Ismid Hadad, Erna Witoelar, M.S. Kismadi, dan Nono Anwar Makarim.

KEHATI telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 lembaga lokal yang tersebar dari Aceh hingga Papua, serta mengelola dana hibah lebih dari US$ 200 juta. Dana tersebut berasal dari donor multilateral dan bilateral, sektor swasta, filantrofi, crowd funding, dan endowment fund.

Terdapat 3 pendekatan program yang dikelola oleh KEHATI yaitu ekosistem kehutanan, ekosistem pertanian, dan ekosistem kelautan. Selain itu, Yayasan KEHATI juga mengelola program khusus antara lain TFCA Sumatera, TFCA Kalimantan, SPOS, dan BAF

Tentang PT. BNP Paribas Asset Management

Berdiri sejak tahun 1992, PT. BNP Paribas Asset Management (“Perusahaan”) merupakan salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan menawarkan jasa pengelolaan investasi bagi nasabah baik institusi maupun ritel, dalam bentuk Kontrak Pengelolaan Dana maupun Reksa Dana.

Perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa bank, perusahaan efek dan institusi keuangan terkemuka lainnya di Indonesia dalam memasarkan Reksa Dana nya. Dengan didukung oleh lebih dari 50 (lima puluh) tenaga kerja profesional, perusahaan memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 29,7 triliun.

KLIK INI:  Operasi 30 Hari di Laut Tahun Ini Libatkan 58 Negara