Wow, Ternyata Melihat Pria Tampan Bisa Sehatkan Otak

oleh -416 kali dilihat
Wow, Ternyata Melihat Pria Tampan Bisa Sehatkan Otak
Ilustrasi pria/foto-Webstagram
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Tak bisa dipungkiri. Bagi sorang pria, melihat wanita cantik akan membuatnya terkesima. Hal itu tentu juga berlaku bagi wanita jika melihat pria tampan.

Meski sangat banyak pendapat bahwa cantk dan tampan itu relatif. Tapi, tentu kita akan sepakat bahwa cantik dan tampan memang menyegarkan jika dilihat.

Ternyata, melihat wajah pria tampan dan wanita cantik tak hanya menyegarkan. Tapi, juga bermanfaat untuk menstimulus dan kesehatan otak.

KLIK INI:  Demi Perkembangan Otak Anak, Sebaiknya Ajak Bermain di Luar Ruangan!

Tim CNN Indonesia pada hari Rabu, 26 Juni 2019 lalu menurunkan artikel yang mengungkapkan manfaat jika melihat wajah pria tampan dan cantik bagi seseorang. Berikut artikelnya:

Penelitian itu menunjukkan melihat wajah nan tampan dan cantik dapat membuat orang lebih termotivasi untuk bekerja keras dan lebih baik dalam ingatan.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Evolutionary Psychology melakukan dua eksperimen untuk mengetahui pengaruh melihat wajah pria tampan dan wanita cantik terhadap otak.

Pertama, peneliti dari East Carolina University ini meneliti 58 mahasiswa. Setengah dari partisipan itu diminta untuk melihat wajah lawan jenis selama tujuh detik. Setengah lainnya diminta untuk melihat wajah lawan jenis yang tampan dan cantik.

KLIK INI:  Mengesankan, Ini Manfaat Azan Bagi Otak Menurut Ahli Neurosains

Peserta lalu diberikan sebuah cerita dan kemampuan mereka lalu diuji dengan tes mengingat sebagai acuan mengukur fungsi otak. Hasilnya, peserta yang menatap wajah yang menarik dapat mengingat lebih banyak dan lebih detail dibandingkan dengan peserta yang menatap wajah yang biasa saja.

Pria mengingat lebih detail

Secara khusus, penelitian ini mendapati pria jauh lebih terpengaruh oleh wajah cantik jika dibandingkan dengan wanita. Para pria cenderung mengingat lebih detail.

Dalam eksperimen kedua, peneliti menganalisis 123 mahasiswa. Metode penelitian kurang lebih sama dengan sebelumnya, hanya saja pada kali ini peneliti mengubah urutan penelitian.

Kelompok pertama dimulai dengan melihat wajah yang menarik, mendengar cerita, melihat wajah rata-rata, dan mengikuti tes memori. Kelompok kedua memulai dengan melihat wajah rata-rata, mendengar cerita, melihat wajah yang menarik, dan mengikuti tes memori. Dan kelompok ketiga, hanya melihat wajah rata-rata sebelum dan sesudah mendengar cerita, lalu mengikuti tes ingatan.

KLIK INI:  Kisah Bintang Game of Thrones dan Aneurisma Otak yang Dialaminya

Hasilnya, peneliti menemukan wajah pria tampan dan wanita cantik dapat memicu kemampuan seseorang menjadi lebih tajam untuk mengesankan pasangannya.

“Memori adalah proses kognitif dasar yang terkait dengan keterampilan bertahan hidup yang penting,” kata peneliti dikutip dari Medical Daily.

Di sisi lain, melihat wajah orang yang berpenampilan rata-rata tidak memicu seseorang untuk bekerja lebih keras. Penelitian mengklaim melihat wajah pria tampan atau wanita cantik ternyata lebih bermanfaat untuk kesehatan otak.

Jangan sungkan melihat pria tampan atau wanita cantik jika ingin otakmu sehat. Jika belum sempat bertemu, kamu boleh menatap fotonya!

KLIK INI:  Manfaat Buah Jamblang, Menyehatkan Jantung hingga Pencernaan