Tips Sederhana agar Sayur yang Dimasak Tetap Hijau dan Segar

oleh -418 kali dilihat
Tips Sederhana agar Sayur yang Dimasak Tetap Hijau dan Segar
Sayur kelor - Foto/Ist

Klikhijau.com – Betapa hambar makan tanpa sayur. Sayuran tak hanya pelengkap di meja makan, tetapi juga karena manfaatnya. Selain itu, sayur juga melengkapi  kelezatan makan.

Bahkan tak jarang ada orang yang memilih makan dengan sekadar sayuran, ketimbang makan dengan lauk ikan atau daging. Konsumsi sayur membuat pencernaan kita lebih sehat.

Nah, cara terbaik konsumsi sayur adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Meski, tak sedikit yang konsumsi sayuran dalam keadaan mentah misalnya lalapan.

Sayuran mengandung banyak mineral, vitamin dan tentu ragam manfaat untuk kesehatan. Karena manfaatnya ini, mengolah sayur agar kandungannya tetap bisa didapatkan harus diupayakan.

Selain itu, tekstur hijau pada sayuran yang terjaga adalah bukti bahwa cara kamu mengolahnya sudah benar.

Nah, bagaimana cara memasak sayur agar tetap hijau dan segar? Dikutip dari Halodoc, berikut ini beberapa tips sederhana mengolah sayuran hijau agar tektur, rasa, serta vitaminnya tak hilang:

KLIK INI:  Memotret Landscape Alam Raya dengan Smartphone, Ini Tipsnya!
  1. Masaklah sayur yang masih segar bugar

Agar sayuran yang akan kamu masak benar-benar berkualitas, setidaknya dua hal perlu kamu lakukan.

Pertama, beli sayuran yang benar-benar segar. Bila perlu beli sayuran hijau yang ditanam secara organik, sebab sayuran organik lebih sehat dan bebas pestisida.

Kedua, cuci bersih sayuran di air yang mengalir agar kotoranya terlepas sebelum dimasak.

Abaikan memasak sayuran yang sudah terlalu lama disimpan dalam freezer. Selain tidak segar, sayuran yang terlalu lama disimpan dalam kulkas biasanya sudah rusak dan kandungannya hilang.

KLIK INI:  6 Tanaman Mungil Anti Polusi Udara yang Wajib Ditanam di Halaman Rumah
  1. Potong sayuran dengan ukuran besar

Setelah sayuran dicuci bersih, barulah dipotong-potong. Ada baiknya memotong sayuran dengan ukuran besar. Mengapa? Sebab dengan cara ini kamu dapat meminimalkan adanya nutrisi atau vitamin terbuang pada potongan.

Pendeknya, bila potongan kamu kecil-kecil maka akan banyak nutrisi yang hilang. Umumnya sayuran hijau akan bisa dipotong saat sudah dimasak.

  1. Perhatikan durasi memasak sayur hijau

Jangan memasak sayur hijau terlalu lama karena ini juga dapat melenyapkan kandungan sayur. Selain itu, memasak terlalu lama dapat membuat sayuran mengalami perubahan tekstur dan kandungan nutrisinya hilang.

Beberapa sayuran hijau dapat ditaktisi cara masaknya yakni dengan memasukkannya saat air sudah mendidih. Setelah air mendidih, nyala api dikurangi hingga gelembungnya berkurang. Setelah itu baru dimasukkan sayurannya.

KLIK INI:  Celana Dalam Bekas, Permasalahannya, dan Cara Mengatasinya

Cara ini bisa membuat sayuran tetap segar dan hijau. Jangan terlalu lama memasaknya lagi karena air sudah sangat mendidih dan sayuran telah matang dengan baik.

  1. Masak sayur dengan baik

Masaklah sayuran dengan sangat baik. Tidak seadanya, namun tetap memperhitungkan banyak hal seperti nyala api, jumlah air yang direbus dan lainnya.

Ada baiknya mengecilkan nyala api sehingga proses masaknya tidak terlalu cepat. Jangan memasak sayur sambal beraktivitas yang membuat kamu lupa bahwa sedang memasak, sebab ini bisa membuat masakan terlalu masak.

Demikianlah tips memasak sayur agar tetap hijau dan bugar, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  9 Cara Terbaik Menyimpan Makanan Sisa agar Tetap Layak Konsumsi