Ternyata Tak Baik Minum Teh Sehabis Makan Bayam, Benarkah?

oleh -540 kali dilihat
Ternyata Tak Baik Minum Teh Sehabis Makan Bayam, Benarkah?
Ilustrasi/foto-Dumielauxepices.net
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Apakah Anda punya kebiasaan minum teh sehabis makan? Sepertinya memang nikmat itu, apalagi ditemani cemilan.

Tetapi, perlu diketahui bahwa minum teh sehabis makan sayur bayam tidaklah baik bagi kesehatan. Lho kok bisa?

Bayam adalah salah satu contoh asupan kaya zat besi. Dalam 200 gram bayam mengandung sekitar 2 miligram zat besi. Contoh asupan lain yang kaya zat besi adalah daging merah.

Dikutip dari Detik.com, Profesor Rini Sekartini dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebut bahwa sebaiknya tak mengkonsumsi teh sehabis makan bayam.

KLIK INI:  Jengkol dan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan

“Konsumsi teh usai makan bayam dapat mengganggu tubuh menyerap zat besi. Sama dengan teh, susu, dan sereal. Karena itu, minum susu tidak disarankan saat mengonsumsi suplemen zat besi. Sebaiknya dengan air putih saja,” katanya.

Menurut dokter Rini, zat besi sebetulnya tidak diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Pria berusia lebih dari 18 tahun perlu 8,7 miligram zat besi, sedangkan wanita 19-50 tahun perlu 14,8 miligram. Kebutuhan zat besi untuk bayi usia 1-11 bulan adalah 11 miligram per hari.

KLIK INI:  Suka Jus Buah? Cobalah Jus Ini dan Rasakan Manfaatnya!

Namun zat besi punya peran penting pada pembentukan hemoglobin (Hb) dalam darah. Zat besi juga berperan dalam pembentukan serabut otak dan saraf saat pembentukan janin usia 3 minggu. Peran ini terus berlanjut hingga anak usia 2 tahun yang disebut 1.000 Hari Pertama Kelahiran (HPK).

Kekurangan zat besi ditandai mudah lelah, letih, lesu, dan lemah hingga sulit fokus. Pada anak, risiko kekurangan zat besi berisiko mengganggu daya intelektualitas yang tidak bisa diperbaiki saat dewasa. Hasilnya anak tumbuh dengan kemampuan yang terbatas.

Sudah tahu kan, betapa tak semua makanan itu berkhasiat baik bila diperjumpakan. Bayam dan teh diantaranya.

KLIK INI:  Air Tebu dan Air Gula, Ini 4 Perbedaan Kandungannya