Tanpa Sabu, Cara Ini Dapat Menjaga Stamina Tubuh

oleh -378 kali dilihat
Tanpa Sabu, Cara Ini Dapat Menjaga Stamina Tubuh
Ilustrasi/Foto-wikihow.com

Klikhijau.com – Sabu (metamfetamina) adalah obat psikostimulansia dan simpatomimetik yang dipergunakan untuk kasus parah gangguan hiperaktivitas kekurangan perhatian. Namun, banyak yang menggunakan obat ini sebagai cara agar tubuh tetap bugar.

Memang, sabu mampu memberikan efek stamina tubuh tetap bugar, perasaan senang dan rasa nyaman hingga membuat seseorang tidak merasa lapar.

Begitu kata Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dr. Diah Setia Utami, SpKJ, MARS yang dikutip dari Liputan6.com.

Namun, ketergantungan terhadap sabu berisiko bahaya pada tubuh. Ketergantungan sabu bisa menyebabkan detak jantung meningkat hingga tekanan darah tinggi.

Aktivitas yang super padat kadang membuat orang mengonsumsi obat-obatan, tak terkecuali sabu.

Ternyata, ada cara sederhana yang bisa membuat stamina meningkat. Tanpa obat-obatan dan tanpa merusak tubuh dengan sabu.

Apa saja itu? Simak penjelasan berikut!

KLIK INI:  5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Menjadikan Kita Lebih Sehat
# Mengonsumsi kafein

Anda mungkin mau mencoba cara yang satu ini. Kafein diyakini dapat meningkatkan stamina di saat tubuh merasa kelelahan.

Sebuah studi pada 2017 menunjukkan, sembilan pria yang mengonsumsi 3 miligram kafein satu jam sebelum berenang memiliki peningkatan stamina.

Ini terbukti dengan hasil penelitian. Partisipan berhasil berenang dengan kecepatan tinggi tanpa meningkatkan detak jantung.

Penting untuk diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein. Anda juga perlu menjauhkan kafein dari gula.

# Berolahraga

Cara ini mungkin menjadi pilihan terakhir saat merasa lelah. Namun, olahraga teratur dapat membantu membangun stamina tubuh.

Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa pekerja yang merasa lelah mengalami peningkatan energi setelah enam pekan berolahraga secara rutin. Mereka mengembangkan kemampuan kerja, kualitas tidur, dan fungsi kognitif.

Tentang studi tersebut, Klikhijau.com mengutipnya dari cnnindonesia.com.

KLIK INI:  Wow, Ternyata Melihat Pria Tampan Bisa Sehatkan Otak
# Ashwagandha

Kurang akrab dengan nama ini? Tenang, ada penjelasannya. Ashwagandha merupakan jenis ginseng yang berasal dari India.

Ashwagandha dikenal sebagai tanaman herbal yang kerap digunakan untuk menjaga stamina tubuh, memaksimalkan fungsi kognitif, dan mengatasi stres.

Sebuah studi pada 2015 menemukan, 50 atlet dewasa yang mengonsumsi 300 miligram kapsul Ashwagandha selama 12 pekan, meningkatkan daya tahan tubuhnya.

# Yoga dan meditasi

Yoga dan meditasi dapat membantu rileks atau fokus. Yoga dan meditasi juga diyakini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina. Selain itu, yoga juga bisa membantu seseorang mengatasi stres.

Benedikta Desideria menuliskan di laman Liputan6.com, studi kecil yang melibatkan 27 mahasiswa kedokteran yang mengikuti kelas meditasi menunjukkan mereka stres lebih rendah dan kesehatannya lebih baik.

Di situs kesehatan Healthline di tuliskan studi yang menunjukkan, jika orang-orang yang mengikuti kelas yoga dan meditasi selama enam pekan, mengalami penurunan signifikan terkait level stres.

Menurut laporan studi tersebut, mereka juga mengalami peningkatan stamina tubuh.

KLIK INI:  Ingin Menjaga Kesehatan Paru-Paru Anda? Klik Ini!