Tanggap Bencana, Warga Lingkungan Lipu Majene Simulasi Gempa dan Tsunami

oleh -269 kali dilihat
Tanggap Bencana, Warga Lingkungan Lipu Majene Simulasi Gempa dan Tsunami
Tanggap Bencana, Warga Lingkungan Lipu Majene Simulasi Gempa dan Tsunami

Klikhijau.com – Warga Kelurahan Lipu Kabupaten Majene menggelar simulasi bencana dengan seksama, pada Minggu (6 Januari 2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Majene dan Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) Sulawesi Barat.

Sebelum simulasi, BNPB dan BMG serta bekerjasama dengan Komunitas Relawan 86, terlebih dahulu melaksanakan penyuluhan tanggap bencana selama dua hari (4-5 Januari). Simulasi bencana merupakan puncak dari kegiatan tersebut.

Tokoh masyarakat setempat, Ahmad Akbar mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, simulasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

KLIK INI:  G20 Sepakati Kerjasama Peran Lautan dalam Peningkatan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim

“Ini adalah program kerja lingkungan Lipu Kelurahan Labuang Utara. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat mengingat potensi bencana gempa dan tsunamie di wilayah kami cukup besar,” jelas Akbar.

Simulasi berjalan lancar berkat dukungan warga, TNI dan POLRI yang menjaga setiap sisi jalan dan perempatan selama berlangsungnya simulasi.

“Ini penting sebab sejak bencana di Palu, beberapa kali gempa juga terjadi di Sulbar. Bahkan, ada ratusan kali gempa terjadi, utamanya di titik Kabupaten Mamasa dan Kabupaten Mamuju di mana Majene berada di tengah-tengahnya,” jelas Akbar.

Sekadar info bahwa di Majene pernah terdampak gempa dan tsunami pada 23 Februari 1969. Simulasi gempa dan tsunami tentu bermanfaat dan mengedukasi warga setempat.

KLIK INI:  Kehidupan Bercinta Hewan Laut Terganggu oleh Sampah Plastik?